Mengintip tips menang balapan adalah langkah yang diambil oleh calon pembalap sebelum berada di arena balapan. Persiapan yang prima adalah salah satunya.
Jakarta, Autos.id – Menjadi seorang pemenang dalam sebuah ajang balapan bukanlah hal yang mudah. Masing-masing pembalap pun memiliki tips menang balapan yang berbeda.
Persiapan yang prima bukan hanya satu-satunya kunci untuk meraih kemenangan di ajang balapan roda empat. Stamina, performa kendaraan, dan mental driver adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Dikutip dari laman tribunnews.com (25/10/2017), ada sejumlah tips yang didapat dari sejumlah pembalap yang turun dalam ajang balapan komunitas pecinta mobil klasik bertajuk “Indonesia Retro Race” di gelaran ISSOM seri ke 5 yang diselenggarakan di Sirkuit International Sentul, Bogor pada hari Sabtu-Minggu, 21 hingga 22 Oktober 2107 lalu.
Iwan Sardjana, seorang Privater, Datsun 510 yang dalam acara tersebut turun pada kelas Retro 1600 Max mengaku memiliki tips menang balapan yaitu melakukan persiapan yang maksimal sebelum berlaga di sirkuit.
“Salah satunya perbanyak istirahat dan mengimbanginya dengan olahraga, mengendalikan emosi agar lebih tenang dan mengatur waktu dengan baik”
Iwan juga menuturkan bahwa ia datang ke lokasi lebih awal. Hal ini dilakukan agar semua persiapannya tidak terburu-buru. Persiapan lain yang juga perlu diperhatikan ialah kendaraan yang digunakan. Diantaranya ialah pengetesan power mesin dan perfomanya.
Biasanya para pembalap yang hendak touring ataupun of-froad akan melakukan dyno test. Dyno test dilakukan untuk mencapai hasil yang tepat. Tak hanya itu, hasil power yang optimal didapat dengan melakukan Dyno test.
Lebih dari itu, Dyno test dilakukan untuk menjaga mesin mobil agar tidak kritis. Hal tersebut sesuai dengan tips menang balapan yang dikatan oleh Zafar D. Idham yang berasal dari tim Ecurie Cinere Federal Mobil.
Ia juga menjelaskan bahwa setelan yang enak atau sesuai pada mesin adalah hal yang subjektif. Hasil dyno test bisa digunakan sebagai bukti akurat untuk mendukung hal tersebut.
Dalam penjelasannya, ia juga menyarankan melakukan satu kali dyno untuk satu spesifikasi mesin. Sementara dyno test lanjutan bisa dilakukan apabila ada perubahan.
Setelah urusan mesin diselesaikan, berikutnya adalah menguji kelayakan pada kaki-kaki kendaraan. Hal ini mencakup performa ban, per, ball join, dan velg tie rod. Berat kendaraan pun tak boleh dilupakan untuk menentukan performa saat balapan.
Cek apakah kendaaran yang digunakan untuk balapan terlalu berat atau tidak disarankan digeber berlari kencang karena beberapa hal. Itulah beberapa tips menang balapan yang diberikan oleh sejumlah pembalap mobil retro. Bagaimana dengan Anda? Apakah hal di atas juga Anda lakukan sebelum turun di area balapan?
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.