Last updated on 6 Juli, 2023
Toyota Kijang adalah salah satu mobil yang sudah ada sejak generasi pertama di Indonesia.
Autos.id – Toyota Kijang sudah mengalami banyak perubahan karena perkembangan zaman sejak generasi pertama. Salah satu yang terlihat jelas adalah bagian belakang yang terpasang bak yang berfungsi sebagai pengangkut barang.
Melansir keterangan resmi Toyota, pengembangan Kijang memang untuk memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan kebijakan industrialisasi pemerintah dan mengisi kebutuhan ragam transportasi.
Terkait pengembangannya sendiri terdapat sejumlah poin, yaitu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi Indonesia, menciptakan lapangan pekerjaan, perakitan lokal untuk membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan penggunaan komponen lokal. Selain itu, transportasi dengan harga terjangkau dan fungsional menjadi misi bagi produsen asal Jepang tersebut, dengan Kijang ditujukan untuk berbagai kalangan.
Dimensi Toyota Kijang Generasi Pertama
Generasi pertama dari Kijang ini memiliki dimensi dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.550 mm, dan tinggi 1.760 mm. Pada bagian dek belakang, panjangnya adalah 1.885 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 400 mm. Sementara total bobotnya adalah 940 kg dan mampu mengangkut beban hingga 855 kg dengan dukungan ban berukuran 13 inci.
Baca juga: Sejarah VW Kodok: Mobil Klasik nan Eksentrik
Mesin Kijang Generasi Pertama
Kemudian untuk dapur pacunya, Kijang generasi pertama disematkan mesin 3K dengan kapasitas 1.166 cc. Mesin tersebut menyemburkan 61 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 8,7 kg.m pada 4.200 rpm.
Di Indonesia, PT Multi-Astra adalah perusahaan yang merakit Kijang generasi pertama. Sedangkan untuk mesin, sasis, transmisi dan berbagai komponen diimpor dari Jepang.
Kemudian untuk bagian rangka, kabin, dek dan berbagai komponen pendukungnya produksi oleh PT Toyota-Mobilindo. Namun perlu diingat bahwa untuk aki, ban dan sejumlah komponen pendukungnya diproduksi di Indonesia.
Karena itu, generasi pertama ini punya julukan “Kerjasama Jepang-Indonesia” namun singkatan dari julukan tersebut tidak memiliki bukti kuat. Memang Kijang sendiri adalah nama hewan yang sering kita jumpai. Dan filosofi adalah lincah dan bisa muat penumpang dan barang.
Baca juga: Sejarah Suzuki Carry dari Masa ke Masa
Harga Kijang
Dengan desain yang unik, generasi pertama dari mobil keluarga ini meluncur pada tahun 1977, dan harganya hanya Rp1,3 jutaan. Sungguh murah untuk tahun 1977 atau kalau sekarang mungkin sudah mencapai Rp300 jutaan untuk mobil pikapnya.
Baca juga: Indonesia Pernah Kehadiran Mobil 2 Tak, Inilah Daftarnya
Sumber: Berbagai sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.