Last updated on 20 April, 2016
Tokyo, Autos.id – Honda dikabarkan tengah meramu teknologi kopling ganda alias Dual Clutch Transmission (DCT) untuk dicangkokkan ke lebih banyak motor sport mereka.
Untuk memberi kenyamanan ekstra serta performa yang lebih responsive selama berkendara, pabrikan otomotif asal Jepang ini memang dikabarkan sedang getol meramu teknologi DCT yang rencananya bakal dicangkokkan kedalam jeroan motor-motor sport garapannya.
Seperti kabar yang dilansir oleh laman Paultan, Kosaku Takahashi selaku Honda DCT Engineer mengungkapkan, timnya sedang bekerja keras untuk terus mengembangkan teknologi DCT yang akan disematkan ke beberapa model sport.
Saat ini teknologi DCT sudah terpasang di beberapa model motor sport Honda, baik itu versi standar maupun opsional. Beberapa seri motor sport Honda yang sudah mencicipi teknologi ini antara lain, NC, CT, VFR, skuter NM4 Vultus, dan Integra. Tidak ketingggalan, seri teranyar motor dual purpose Honda, CRF1000L Africa Twin, juga akan mendapat jatah teknologi kopling ganda ini.
Motor yang sudah mengadopsi teknologi kopling ganda ini sendiri sudah dipersenjatai dengan tiga modus transmisi. Untuk memudahkan pengguna memilih modus yang diinginkan, Honda meletakkan saklarnya di sisi sebelah kanan setang. Jika pengguna memilih Mode D, motor akan berjalan secara otomotis begitu tuas gas dipelintir.
Sedangkan untuk memangkas waktu pada saat memindahkan gigi, pengguna bisa memilih Mode S. Pilihan mode ini juga dapat memberikan waktu akselerasi yang jauh lebih cepat. Bagi pengguna yang ingin merasakan sensasi menggunakan kopling manual, dapat memilih Mode M, melalui saklar yang bersemayam di kiri setang.
Sayangnya, teknologi DCT untuk sementara waktu belum bisa diterapkan di tunggangan khusus balap, karena akan membuat bobot motor menjadi lebih berat 10 Kg. [Tgh]
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.