Mitsubishi Pajero Sport mewarisi DNA dari Pajero, sebuah SUV mahakarya Mitsubishi Motors. Mitsubishi Pajero dikembangkan untuk menghadirkan nilai premium “all-around SUV
Jakarta, Autos.id – Nama Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport tentu bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia, keduanya popular sebagai model SUV tangguh, yang memiliki daya tahan dan performa tinggi hingga penampilan yang sangat memikat. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa dua model ini merupakan produk yang berbeda baik secara spesifikasi, segmentasi dan sejarahnya.
Model Mitsubishi Pajero Sport mewarisi DNA dari Pajero, sebuah SUV mahakarya Mitsubishi Motors. Mitsubishi Pajero dikembangkan untuk menghadirkan nilai premium “all-around SUV dengan standar global” yang menggabungkan tampilan tangguh, kemampuan SUV di segala medan, teknologi canggih, fitur hiburan dan balutan gaya mewah perkotaan.
Kinerja off-road dan ketahanan Mitsubishi Pajero telah terbukti melalui ajang motorsport dan sekitar 40 tahun sejarah produksi. Di motorsport, Mitsubishi PAJERO mendapatkan sorotan dunia dengan pencapaian 12 gelar, yang merupakan terbanyak hingga saat ini di ajang reli Dakar.
Untuk lebih mudah memahami perbedaan dari dua model tersebut berikut merupakan tabel perbandingan sederhana mengenai perbedaan Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Pajero Sport.
Item | Mitsubishi PAJERO | Mitsubishi PAJERO SPORT |
Nama lain | MONTERO, SHOGUN | CHALLENGER, MONTERO SPORT, SHOGUN SPORT |
Segmentasi | Big SUV | Medium SUV |
Tahun peluncuran generasi pertama | 1982 | 1996 |
Varian tipe bodi/ bentuk | Generasi pertama
Metal Top/Canvas top – 3 pintu dan 5 pintu Generasi kedua Metal Top /J top dan Midroof – 3-doors & 5-doors Generasi ketiga Bodi pendek 3 pintu, Bodi Panjang 5 pintu Generasi keempat Bodi pendek 3 pintu, Bodi Panjang 5 pintu |
Generasi pertama
5 pintu dengan tipe 5 penumpang Generasi kedua 5 pintu dengan tipe 7 penumpang Generasi ketiga 5 pintu dengan tipe 7 penumpang
|
Ragam/ rentang kapasitas mesin1 | Generasi pertama
2,000cc, 2,300cc diesel, 2,300cc diesel turbo, 3,000cc Generasi kedua 2,400cc, 2,500cc diesel turbo, 3,000cc, 2,800cc diesel turbo, 3,500cc Generasi ketiga 3,000cc, 3,200cc diesel turbo, 3,500cc, 3,800cc Generasi keempat 3,000cc, 3,200cc diesel turbo, 3,800cc, |
Generasi pertama
2,500cc diesel turbo, 2,800cc diesel turbo, 3,000cc, 3,500cc Generasi kedua 2,400cc, 2,500 diesel turbo, 3,000cc, 3,200 diesel turbo, 3,500cc Generasi ketiga 3,000cc, 2,400cc diesel turbo, 2,500cc diesel turbo |
Ragam transmisi | 5-speed AT, 4-speed MT | 5-speed MT, 6-speed MT, 5-speed semi-AT, 4-speed AT, 5-speed AT |
Penggerak roda | 4WD
(generasi pertama hingga generasi keempat) |
2WD, 4WD
(generasi pertama hingga generasi ketiga) |
Lokasi produksi saat ini | Jepang
(PAJERO Manufacturing Co., Ltd.) |
Thailand, Indonesia, Rusia, Bangladesh |
Mitsubishi PAJERO SPORT
Naoya Nakamura, Presiden Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia dalam keterangan resminya mengungkapkan, meski berbagi DNA tangguh dengan daya tahan dan performa yang tinggi, Mitsubisihi Pajero dan Pajero Sport adalah dua model/produk dengan spesifikasi dan segmen yang berbeda.
Hampir seluruh varian Mitsubishi Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia diproduksi di fasilitas perakitan MMKI setelah sebelumnya diimpor dari Thailand. Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga saat ini, penerimaan masyarakat terhadap Mitsubishi Pajero AJERO SPORT di Indonesia sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit dengan rata-rata pangsa pasar lebih dari 40%. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun hadir di Indonesia Mitsubishi Pajero Sport juga telah menerima total 40 penghargaan dari media dan institusi terkemuka.
“Seluruh penghargaan yang telah diterima menjadi bukti bahwa Mitsubishi Pajero Sport menjadi kendaraan dengan performa Tangguh yang diminati dan dapat diandalkan bagi keluarga Indonesia untuk terus bereksplorasi tanpa batas. Konsumen tidak perlu khawatir dengan kelangsungan model Pajero Sport, serta ketersediaan layanan penjualan hingga purna jualnya di Indonesia,” pungkas Naoya di Jakarta, baru-baru ini.
Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga hari ini, penerimaan masyarakat akan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun hadir di Indonesia Pajero Sport juga telah menerima total 40 penghargaan dari media serta publik di Indonesia. Keseluruhan penghargaan ini menjadi bukti Mitsubishi Pajero Sport menjadi kendaraan yang dapat diandalkan bagi keluarga Indonesia untuk terus bereksplorasi dengan performa tangguh tanpa batas.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.