Lanjutkan sejarah panjang kesuksesan sports cars BMW dengan teknologi Motorsport dari BMW M GmbH
Jakarta, Autos.id – Baru-baru ini, BMW Indonesia memperkenalkan varian terbaru New BMW M3 Competition dan New BMW M4 Coupé Competition. Kedua kendaraan ini hadir dengan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm, teknologi sasis dari BMW M4 GT3, desain eksterior ekspresif, hingga interior baru dengan material premium terbaik, dan sistem operasi BMW M Drive Professional yang hadir pertama kali di rangkaian sports cars terbaru ini.
Peluncuran dua model dari BMW M GmbH ini akan memperkuat posisi BMW sebagai manufaktur kendaraan sports terbaik di Indonesia.
Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan dalam sambutannya di virtual press conference Indonesian Premiere BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition generasi terbaru menjelaskan, selama hampir lima dekade, BMW M telah menjadi simbol bagi kendaraan sport performa tinggi dengan desain emosional serta serangkaian kisah sukses di kejuaraan motorsport.
“BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru terapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya, dan ribuan putaran di Nürburgring Nordschleife yang legendaris arena balap yang paling tangguh di dunia hadirkan icon sports cars terbaik dari BMW,” imbuhnya.
Mesin enam silinder segaris dengan instant delivery dan karakteristik high revving
Mesin yang menggerakkan BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru hasilkan torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm. Output maksimum 510 hp tersedia pada 6.250 rpm dengan red-line di 7.200 rpm. New BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé hanya membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dan dari 0 hingga 200 km/jam hanya dalam waktu 12,5 detik.
Kedua kendaraan ini menyalurkan tenaga mesin dengan transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic, Ini memungkinkan pergantian gigi sepenuhnya otomatis dan perpindahan manual dengan tuas BMW M-specific di konsol tengah atau paddle shift di lingkar kemudi. Pemilihan karakteristik perpindahan gigi dikendalikan menggunakan tombol Drivelogic yang terintegrasi pada tuas transmisi. Pengemudi dapat mengakses tiga pengaturan yang sangat berbeda dalam mode otomatis dan manual.
Sasis BMW M-specific, rigiditas torsional tinggi
Adaptive BMW M-suspension dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik dan BMW M-specific kinematics dan elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang adalah fitur standar the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé.
Model ini juga memiliki kemudi BMW M Servotronic dengan rasio variabel dan versi BMW M-specific yang terintegrasi dengan sistem pengereman, menghadirkan 2 impresi respon rem dan pedal feel yang berbeda. Juga, adanya BMW M Dynamic Mode membuka pintu ke pengalaman berkendara yang sangat sporty, lengkap dengan kemampuan drifting yang terkontrol.
Desain dengan perubahan radikal dan eye-catching
Lampu depan LED Adaptif dengan BMW Laserlight hadir menjadi standar pada the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé. 3 pilihan cat eksterior baru juga tersedia secara eksklusif; Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic.
Di bagian dalam, BMW M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara. Selain itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi tak hanya bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift untuk pertama kalinya.
Sistem operasi BMW M-specific untuk pengalaman yang seru
Sistem kontrol dan display infotainment pada the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé terdiri dari serangkaian fitur baru. BMW M Drive Professional, dirancang khusus untuk berkendara di sirkuit. Ini termasuk BMW M Traction Control baru yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan kebutuhan pribadi pengemudi. Elemen lain dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik mengemudi yang diposting dalam manuver menikung dinamis, dan BMW M Laptimer, yang mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama mengemudi di dalam sirkuit.
Paket M Drive Professional juga menghadirkan fungsi M Traction Control terbaru, yang dapat diakses di moda TRACK. Memulai debutnya di the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé, kontrol traksi baru ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur ambang batas intervensi untuk slip roda. Menu iDrive untuk sistem ini menampilkan 10 tahap slip roda yang diinginkan pengemudi.
Tombol Setup di konsol tengah menyediakan akses langsung ke opsi pengaturan untuk mesin, sasis, kemudi dan sistem pengereman, Gear Shift Assistant, dan kontrol traksi. Panel kontrol di konsol tengah juga terdapat tombol Mode M sebagai standar. Dan tampilan Head-Up Display, lengkap dengan M-specific display, REV counter bar, dan display entertainment. Pengemudi dapat memilih dari pengaturan Road dan Sport, dengan mode Track yang dikembangkan untuk tamasya di sirkuit balap.
Fitur-fitur tertinggi yang menjadi standar.
Kedua model hadir dengan Active Park Distance Control dengan sensor di depan dan belakang, Front Collision Warning with brake intervention dan Lane Departure Warning. Fitur Parking Assistant 2.0 yang dilengkapi dengan Surround View system, juga dengan Reversing Assistant hadir sebagai standar.
Selain itu kontrol iklim 3-zone climate control, pencahayaan interior LED termasuk ambient lighting, dan sistem speaker Harman Kardon. BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant juga hadir sebagai standar untuk The new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé. Dan integrasi smartphone nirkabel yang diperbarui memungkinkan penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto melalui sistem operasi mobil.
Rayakan 35 tahun kesuksesan BMW M3 dengan BMW Individual
Untuk merayakan tahun istimewa dari dimulainya partisipasi BMW M GmbH di arena balap Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM), BMW Indonesia juga turut menghadirkan The new BMW M3 Competition Individual dan the new BMW M4 Coupé Competition Individual. Varian BMW Individual dari kedua model ini hadir dengan jumlah yang sangat terbatas dan memiliki fitur tambahan seperti:
- Paket eksterior M Carbon exterior package, yang mencakup front air intake inlays, diffuser belakang, dan exterior mirrors semua dari material carbon fiber
- M Carbon bucket seats yang hadir dengan desain yang sangat menarik dan bobot yang lebih ringan 10 kg dari M sport seats. Jok ini merupakan bucket seats yang di desain untuk penggunaan di arena balap dengan desain yang mendukung penggunaan 6-point seatbelts. Di bagian belakangnya struktur CFRP terlihat jelas menguatkan kesan sporty. Kursi ini juga dilengkapi dengan pengaturan elektrik dan fungsi memori serta Easy-entry function untuk di model BMW M4 Competition Coupé.
- Pilihan 5 warna dari BMW Individual Frozen paintwork
- M compound brake dengan warna Red high-gloss
- Velg dengan finishing eksklusif, the new BMW M3 Competition dengan BMW M light-alloy Double-spoke style 825 M Bi-colour Orbit Grey matt, burnished, sedangkan the new BMW M4 Competition Coupé dengan BMW M light-alloy Double-spoke style 826 M Jet Black.
- BMW Individual Lights Shadow Line, tampilan lampu dengan finishing Dark Chrome pada elemen lampu bagian dalam.
Ketersediaan dan Harga.
Kedua sports cars BMW M terbaru ini akan tersedia di Dealer Resmi BMW, New BMW M3 Competition akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.059.000.000, – off-the-road. Sedangkan, the new BMW M4 Competition Coupé akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.119.000.000,-off-the-road. Sedangkan untuk varian Individual memiliki harga berbeda, The new BMW M3 Competition Individual akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.599.000.000, – off-the-road, sedangkan the new BMW M4 Competition Coupé Individual akan ditawarkan dengan harga Rp. 2.659.000.000,-off-the-road.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.