Sebelumnya Toyota GR Yaris hanya tersedia dengan transmisi manual yang dipadu dengan mesin 1.600 3 silinder Turbo. Mesin ini disebut-sebut sebagai mesin 3 silinder terkuat di dunia.
Autos.id – Pastinya anda sudah tahu dengan Toyota GR Yaris pastinya. Mobil ini merupakan mobil hot hatchback yang diproduksi secara massal untuk memenuhi homologasi ajang balap World Rally Championship. Saat ini Toyota GR Yaris yang dijual ke masyarakat umum hanya tersedia dalam transmisi manual dengan mesin 1.600, 3 silinder Turbo. Kabarnya Toyota sedang mengembangkan sesuatu yang baru untuk GR Yaris ini.
Nantinya Toyota GR Yaris akan hadir dengan konfigurasi transmisi otomatis sebagai alternatif bagi yang mungkin kurang menyukai mengemudi mobil bertransmisi manual.
Transmisi Otomatis 8 Speed
Seperti yang diberitakan oleh Motor1 pada Sabtu (19/3/2022), Vice Chairman Toyota Motor Corporation, Mr Shigeru Hayakawa bahkan mencoba sendiri transmisi otomatis yang sedang dikembangkan Toyota untuk GR Yaris versi transmisi otomatis, bahkan Mr Shigeru sempat bercanda bahwa dia sudah memecahkan transmisi sebanyak satu kali sebagai bagian dalam tahap pengembangan mobil ini.
Mengenai detail dari transmisi otomatis untuk Toyota GR Yaris tersebut, banyak yang menyebut bahwa nantinya varian transmisi otomatis dari GR Yaris ini berjenis Torque Converter 8 speed. Nantinya varian otomatis dari GR Yaris tetap diberikan mode manual yang bisa dioperasikan dari paddle shift yang berada di belakang kemudi.
Toyota menyebut bahwa hadirnya transmisi otomatis dari GR Yaris ini tidak hanya ditujukan untuk efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Pabrikan asal Jepang ini mengklaim bahwa kehadiran Toyota GR Yaris bertransmisi otomatis ini hadir untuk mengakomodir mobil yang tetap sporty untuk dikemudikan tetapi tidak ingin repot-repot menginjak kopling seperti di transmisi manual.
Media asal Jepang, Car Watch Japan bahkan sudah melihat bagaimana wujud GR Yaris dengan transmisi otomatis ini. Dalam laporan tersebut menjelaskan bahwa mobil ini masih merupakan prototipe alias belum spek final yang akan segera diperkenalkan dan di produksi. Prototipe dengan nomor balap 109 ini terlihat memiliki wajah yang sedikit diubah untuk menyesuaikan aliran udara tambahan yang disalurkan ke pendingin oli gearbox otomatis ini.
Menarik untuk ditunggu bagaimana wujud asli dari Toyota GR Yaris bertransmisi otomatis ini. Serta yang paling penting, apakah mobil ini akan sama langkanya dengan varian transmisi manual yang dijual terbatas karena diproduksi hanya untuk kebutuhan homologasi agar bisa digunakan di ajang World Rally Championship.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.