Last updated on 3 Juni, 2024
Autos.id – Skuter matik pertama kali di buat oleh Astra Honda Motor di Indonesia yaitu motor Vario. Motor ini sangat populer dengan keunggulannya yakni, konsumsi BBM yang efisien, model yang maskulin, dan terdapat beberapa pilihan kapasitas mesin.
Pertama kali motor Vario mengaspal di Indonesia di tahun 2006. Lalu, bagaimanakah perjalanan panjangnya? Yuk simak!
Baca Lagi: Inilah Perbedaan Honda Vario 125 Baru Dan Lama, Mana Anda Yang Pilih?
1. Vario (2006-2009)
Dengan munculnya Honda Vario, salah satu tujuannya yaitu untuk menyaingi raja motor matik pertama kali di Indonesia yaitu Yamaha Mio. Motor ini dirancang dengan tampilan lebih menarik dan maskulin.
Kemudian pada generasi awal, Vario hanya tersedia satu pilihan mesin saja. Dengan jantung pacunya yang berkubikasi bersih 108 cc SOHC. Lalu, kompresinya juga di buat cukup padat dengan rasio mencapai 10,7:1.
baca artikel menarik lain tentang perbedaan vario gen 1 dan 2
Selanjutnya, pada spesifikasi mesinnya memproduksi tenaga sebesar 8,99 PS di 8.000 rpm dan torsinya 8,4 Nm pada 6.500 rpm.
2. Vario Techno (2009-2013)
Hanya berselang 3 tahun, Honda Vario di rombak menjadi terlihat lebih modern. Headlamp model yang terpisah menjadi tampilan utamanya. Lalu, bagian yang direvisi yaitu bodi dan model stoplamp, hal itu membuat tampilannya enak dilihat dibandingkan sebelumnya.
simak artikel menarik lain tentang perbedaan vario 125 lama dan baru
Kemudian, pada bagian mesinnya masih tetap sama tidak ada perubahan. Hanya mengandalkan karburator Keihin AVK22 untuk menyuplai bensin. Perubahannya terlihat pada bagian pengereman. Pada generasi keduanya, Honda mengenalkan teknologi Combi-Brake System (CBS).
3. Vario PGM-FI (2013-2015)
Perubahan yang signifikan terjadi di generasi ini. Honda Vario type ini di dukung dengan fitur Idling Stop System yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih irit. Lalu, tangkinya juga di perbesar menjadi 5,5L dan bagasi helm in 18L.
Kemudian, Honda ini juga dilengkapi dengan pilihan mesin lebih besar yaitu 125cc. Output tenaganya juga mampu mencapai 11,3 PS di 8.500 rpm dan torsinya mencapai 10,7 Nm pada putaran 5.000 rpm.
Baca Lagi: Inilah Perbedaan Honda Vario 160 Vs Vario 150
4. Vario eSP (2015-2018)
Motor Vario produksi tahun 2015 ini sudah menggunakan mesin yang berbasis sama dengan BeAT FI yaitu dilengkapi dengan Dual LED Headlight. Selain itu, motor ini dilengkapi dengan CBS, dan Answer Back Sytem.
Kemudian, dengan kubikasi mesin 150 cc PGM-FI mampu mengeluarkan tenaga maksimal 12,64 PS pada 8.400 rpm dan torsinya yaitu 12,8 Nm di 5.000 rpm.
5. Vario All New Honda Vario 125 & 150 (2019-2021)
Seiring perkembangan zaman, motor Vario sudah mulai cukup beragama yaitu dengan menampilkan 125 cc dan 150 cc. Tidak hanya itu, desain pada model ini menjadi lebih agresif dengan All LED System.
Kemudian, dengan berkat beberapa komponen baru. Honda Vario ini memiliki tenaga yang melonjak ke angka 13,1 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Begitupun juga dengan versi 125 cc, yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,1 PS di 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.
Simak artikel tentang Honda Vario 150 atau Yamaha Aerox lainnya
6. Vario 160 (2019-2023)
Honda Vario 160 ini memiliki mesin 160cc eSP Plus. Lalu, Honda ini memiliki banyak keunggulan diantaranya yaitu memiliki Smartkey dan Digital Speedometer. Kemudian, Honda Vario 160 punya dua varian, yakni Honda Vario 160 ABS (Anti Lock Braking System) dan CBS (Combi Brake System).
Sementaranya itu, Honda Vario 160 memiliki spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan. output mencapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm.
Baca juga: Harga Motor Honda Tahun 2023 Lengkap!
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.