Autos.id – Pengguna Daihatsu Granmax pasti mengira kalau mobil ini adalah mobil paling sehat. Padahal, ada bahaya mengintai terutama selang radiator Granmax yang konon bisa pecah kapan saja.
Lantas, kenapa bisa seperti itu? Jadi begini, tim redaksi Autos sempat alami masalah pecah selang radiator saat mobil alami overheating. Penyebabnya sendiri sudah pasti, alami masalah pada bagian selang radiator. Namun, kondisi karet selang yang sudah termakan usia sampai penggunaan air biasa untuk radiator jadi penyumbang selang radiator bisa pecah kapan saja.
Pecahnya Selang Radiator ini bisa
berbahaya bagi Mesin
Lantas, kenapa bisa pecah dan apa solusinya apabila kondisi ini terjadi saat di dalam perjalanan nanti? Untuk itu mari kita bahas masalah dan solusinya agar bisa terhindar dari masalah ini.
Baca Juga: Daihatsu Indonesia Rayakan Pencapaian Produksi 8 Juta Unit
Masalah dan Solusi Selang Radiator Granmax
Sebenarnya inti dari masalah selang radiator Granmax sendiri ada dua. Pertama, dari Radiator itu sendiri dan kedua selang radiator. Biasanya masalah keduaa ini suka jadi penyebab dari seluruh masalah yang ada di mobil niaga buatan Daihatsu tersebut.
Karena itulah, buat Granmax yang usia-nya lebih dari 5 tahun patut cek dan waspada kondisi mobilnya. Siapa tahu malah kejadian pecah di jalan atau overheat yang ujungnya keluar uang banyak.
Oke deh, untuk Granmax sendiri ada lima selang yang bekerja satu sama lainnya. Kelima ini memang punya peran masing-masing. Dari selang utama radiator itu sendiri nantinya bakalan mengalir ke pipa radiator yang memiliki tiga cabang. Pertama, lari ke mesin dan kedua mengalirkan dan membuang air radiator agar bisa kembali dengan suhu air yang sesuai.
Karena kelima ini punya tekanan yang sama, otomatis kondisi karet selang harus prima dong. Namun, celakanya ada pemilik Granmax masih suka isi dengan air ledeng atau PAM.
Karena, air tersebut bisa bawa kotoran dan berpotensi korosif dan mampet. Alhasil, semakin lama karet pun mengeras dan getas buat penggunaannya.
Jika sudah kejadian apa langkah selanjutnya? Untuk itu, penggantian selang radiator harus semuanya. Dengan total 5 selang harus ganti semua agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Selain itu, tabung reservoir pun wajib bersihkan juga.
Cek Thermostat dan Radiator
Jika kondisi masih aman, maka cek kembali rumah termostat dan pastikan kondisi masih berfungsi normal. Selain itu, kuras juga radiator supaya kotoran di dalam radiator tidak masuk ke ruang mesin.
Selain itu, cek pipa radiator untuk antisipasi bocor akibat korosif dari dalam. Soal harga sendiri buat selang radiator saja mulai dari Rp40 ribu sampai R125 ribu.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.