Last updated on 21 April, 2016
Jakarta, Autos.id – Kontur jalan yang tak semuanya bagus serta sering terjadinya genangan air atau bahkan muncul banjir ketika musim penghujan seperti sekarang ini, membuat konsumen Indonesia kini memilih kendaraan yang memiliki karakter dengan kemampuan melahap berbagai jalan.
Terbukti, semenjak tahun 1990-an, kendaraan jenis SUV makin banyak peminat. Misalnya saja, menurut data PT Toyota Astra Motor (TAM), antara 1995 hingga 2006, pasar SUV Medium bergerak rata-rata pada angka penjualan 14.000 per tahun.
“Bagi Toyota, ini merupakan kesempatan untuk menghadirkan berbagai kendaraan yang sesuai dengan kondisi Indonesia berdesain modern dan memiliki karakter Real SUV,” kata Hiroyuki Fukui, President Director TAM, di Jakarta, Jumat (26/2/2016).
Karena itulah, kata Fukui, pada Desember 2006 hadir Toyota Rush disegmen SUV Medium. Untuk Rush, TAM menggunakan unit 4-silinder 1.500 cc dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. “Dengan ground clearance 200 mm, Rush mampu melintasi medan tidak rata dan membuat pemilik percaya diri, terutama saat musim banjir,” tambah dia.
Ia pun menjelaskan, lonjakan penjualan segmen SUV Medium yang terjadi antara 2006 dan 2007 juga antara lain berkat kontribusi Toyota Rush yang awalnya terjual 3.000-an menjadi 30.000 unit.
Setelah kehadiran pertamanya di 2006, pada 2009 muncul minor change dari Toyota Rush. Kemudian mulai 2013 Toyota Rush datang dengan varian baru, TRD Sportivo. Di 2015 lalu disodorkan facelift berikutnya dari Toyota Rush dengan perubahan yang cukup signifikan. Pada Desember 2015 pula, Toyota Rush mendapat posisi sebagai market leader dengan rata-rata 44%.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.