Last updated on 14 April, 2016
Jakarta, Autos.id – Kemarin, Senin (25/1/2016), Ford Motor Indonesia secara resmi mengumumkan penutupan bisnis otomotifnya di Indonesia. Bukan hanya penjualan, seluruh aktifitas jaringan dealer juga bakal diberhentikan. Lalu seperti apa tanggapan konsumen Ford?
Indonesia Ford Fiesta Community (INFINITY) selaku komunitas pecinta dan pengguna salah satu line-up mobil Ford, yakni Fiesta ikut merasakan resahnya kabar buruk tutupnya Ford Motor Indonesia. Mereka mempertanyakan bagaimana nasib kelangsungan pemeliharaan suku cadang dan servis kendaraan mereka.
“Jelas kaget dengan kabar itu kemarin. Kalau memang benar tutup sampai jaringan dealer-nya juga tutup pasti kita sebagai pengguna Ford ikut khawatir,” kata Mahfud, Sekertaris Jenderal INFINITY. Karena menurut dia penutupan Ford tentu berimbas pada layanan servis dan ketersedaan sparepart Ford di Indonesia.
Meski demikian Mahfud lebih jauh berharap jika keadaan ini hanya sementara dan Ford cepat menangani. “Yang pasti dealer, servis dan sparepart harus tetap ada, supaya kami sebagai pemakai mobil Ford tidak jadi kerepotan di kemudian hari,” lanjut Mahfud yang mengaku sudah sangat mencintai Ford Fiesta miliknya.
Ketika disinggung mengenai ke khawatiran konsumen Ford ini, Lea Kartika Indra, Communication Director Ford Motor Indonesia pun menegaskan kalau jaringan dealer, servis dan suku cadang Ford akan tetap dipertahankan berjalan normal.
“Konsumen tetap bisa melakukan aktifitas servis seperti biasa. Kami menjamin konsumen tidak akan terkenda dampak apa-apa dari pengumuman ini. Nantinya kami umumkan siapa yang akan mengurus jaringan dealer kami,” kata Lea. Menurutnya, kondisi Ford Motor Indonesia sekarang tengah masa transisi sampai pada tenggat waktu di akhir 2016 akan diumumkan bagaimana nasib Ford di Indonesia selanjutnya.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.