Mobil A522 dari Alpine ini diharapkan bisa memberi prestasi yang lebih baik bagi kedua pembalapnya, Fernando Alonso dan Esteban Ocon serta menjadi pengganggu tim papan atas.
Autos.id – Tim F1 Alpine akhirnya menunjukkan wujud mobil balap mereka untuk musim balap F1 2022. Mobil yang akan dikendarai oleh Fernando Alonso dan Esteban Ocon untuk musim 2022 ini diberi nama A522. Beberapa ubahan dihadirkan tim asal Prancis tersebut seperti bentuk mobil yang jelas berubah serta livery warna yang baru.
Berkat adanya sponsor baru dari BWT, mobil Alpine yang sebelumnya identic dengan livery warna biru kini diberi tambahan warna merah muda yang cukup mencolok.
Beberapa Spesifikasi Mobil A522
Dalam acara peluncuran yang berlangsung pada Senin siang (21/2/2022) waktu setempat, selain memperlihatkan warna livery yang baru, Alpine juga memberikan beberapa spesifikasi didalam mobil tersebut. Misalnya dengan penggunaan suspense push-rod dibagian depan dan pull-pod dibagian belakang.
Kemudian bagian hidung mobil A522 yang lebih terangkat dalam kaitannya mengenai sayap depan yang lebih tinggi dibandingkan beberapa mobil tim lainnya. Dan yang menarik, bagian inlet yang sempit dibagian sidepod serta adanya insang pendingin juga disematkan dimobil ini seperti dimobil-mobil tim lainnya.
Dan hal yang berubah dengan jelas adalah adanya beberapa aksen warna merah muda dalam livery mobil ini. Hal ini berkaitan dengan hadirnya sponsor baru yaitu BWT mulai musim 2022. BWT sendiri pertama kali masuk ke ranah F1 dengan menjadi sponsor tim Force India hingga tim tersebut berganti nama menjadi Racing Point dan Aston Martin hingga musim 2021 kemarin.
Beberapa aksen warna merah muda yang diperlihatkan pada bagian mobil A522 ini diantaranya dibagian sayap depan, sidepod, serta sayap belakang. Sisanya mayoritas warna livery dari mobil ini masih menggunakan warna biru yang sudah menjadi warna ciri khas tim Alpine ini.
Kuda Hitam Pengganggu Tim Papan Atas
Dimusim 2022 ini, tim Alpine masih akan diperkuat oleh juara dunia 2 kali F1 asal Spanyol Fernando Alonso dan pembalap Prancis, Esteban Ocon. Meskipun formasi pembalap masih sama, tapi dari sisi manajemen tim dirombak secara total. Mulai dari pergantian team principal ke Otmaz Szafnauer yang sebelumnya merupakan team principal Aston Martin.
Lalu hadirnya mantan petinggi FA, Bruno Famin yang akan menjadi pemimpin divisi mesin Renault yang menyuplai mesin tim Alpine di Viry-Chatillon. Langkah ini merupakan strategi dari CEO tim Laurent Rossi yang ingin meningkatkan status tim dari sekedar kuda hitam menjadi pemain dipapan atas.
Laurent Rossi sendiri menyebut bahwa target tim musim ini yaitu peringkat 5 klasmen konstruktor meskipun dirinya juga menginginkan hasil yang lebih baik lagi. “Peringkat 5 konstruktor adalah target yang coba kami kejar, tetapi kami juga menginginkan hasil yang lebih baik dari ini. Untuk itulah kami harus meningkatkan performa kami ditahun ini”, ujar Laurent Rossi dalam acara peluncuran tim.
Baik Fernando Alonso maupun Esteban Ocon diharapkan kembali memberikan penampilan yang baik layaknya musim lalu. Dimusim 2021 silam, Esteban Ocon bahkan bisa mencuri kemenangan di GP Hungaria serta penampilan Fernando Alonso yang meskipun sudah tidak muda lagi tetapi masih sangat diandalkan dengan sekali meraih podium ketiga di GP Qatar dan penampilan fantastisnya di GP Hungaria saat bertarung dengan Lewis Hamilton.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.