Jakarta, Autos.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatat penjualan yang mengesankan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Sepanjang pameran berlangsung dari 13–23 Februari 2025, PT TAM berhasil memperoleh 2.728 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang didominasi oleh kendaraan MPV yang sesuai untuk kebutuhan pelanggan Indonesia. Model terlaris dalam gelaran ini merupakan model Hybrid Electric Vehicle (HEV) produksi lokal yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid. Jumlah SPK juga meningkat dari gelaran tahun lalu sebesar 2.540 SPK.
“Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama Hybrid akan terus bergerak naik sejalan trend mobilitas ramah lingkungan, sekaligus mendorong roda perekonomian karena diproduksi di dalam negeri,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto di Jakarta, hari ini (27/2).
Model Toyota Hybrid Lokal Makin Populer Berkat Insentif Pemerintah
Penjualan Toyota di IIMS 2025 naik 7,4% dari tahun lalu karena didorong oleh peningkatan sales kendaraan elektrifikasi (xEV). Dipimpin oleh Kijang Innova Zenix HEV yang mencatat 614 SPK. Toyota Avanza dengan 335 SPK menempati posisi ke-2 yang diikuti Rush di posisi ke-3 dengan 216 SPK. Kijang Innova Zenix Gasoline mengikuti di urutan ke-4 dengan 181 SPK, serta Innova Reborn mendapatkan 174 SPK sehingga berada di posisi ke-5.
Toyota Raih Tiga Penghargaan di IIMS 2025
Tidak hanya pencapaian penjualan yang positif, Toyota juga meraih tiga penghargaan bergengsi di IIMS 2025:
- Toyota Agya – Best City Car
- Toyota Hilux Rangga – Favorite Commercial Vehicle
- Toyota Alphard – Best Premium MPV

Toyota Hilux Rangga – Favorite Commercial Vehicle
Sebagai mobility company, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang lengkap dan andal untuk berbagai segmen dan kalangan. Penghargaan ini mencerminkan upaya Toyota dalam menghadirkan kualitas dan inovasi di berbagai segmen, baik passenger maupun commercial car. Toyota berharap dapat terus menjadi bagian dari solusi mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat secara berkelanjutan.
“Kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia kepada Hybrid EV buatan dalam negeri atas insentif pajak yang menguntungkan masyarakat. Support tersebut menjadi faktor utama dalam meningkatnya minat masyarakat terhadap Hybrid Toyota, di samping kian pedulinya masyarakat terhadap isu lingkungan berkat edukasi yang terus kami gaungkan. Sejalan kebijakan Net Zero Emission (NZE) 2060, Toyota berharap trend positif ini dapat berkembang secara berkelanjutan guna mendukung ekosistem kendaraan rendah emisi di Indonesia,” tutup Anton Jimmi Suwandy.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.