Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Motor Berasap? Berikut Alasan dan Cara Mengatasinya

Last updated on 31 Mei, 2024

Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus cepat diatasi. Namun, sayangnya, hal ini tidaklah mudah karena asap pada sepeda motor tidak muncul hanya karena satu alasan saja. Ada banyak alasan kenapa motor bisa berasap.

baca artikel menarik lain tentang penyebab oli keluar dari knalpot

Alasan Motor Berasap

1. Ring Piston Aus

Untuk motor tua dengan mesin 4-tak, alasan yang paling umum motor berasap adalah ring piston yang sudah aus. Ring piston pada umumnya menutup dua kompartemen mesin di mana satu menyegel bagian atas silinder, yang merupakan ruang bakar, dan menyegel bagian bawah yang merupakan bak mesin.

Bak mesin penuh dengan oli dan oli akan menyembur dan memercik ke bagian bawah piston dan ke komponen lain di mesin agar tetap terlumasi. Jika ada kerusakan, oli ini akan terbakar dan menyebabkan mesin terlalu panas, sehingga asap akan keluar dari knalpot.

Jika asap tersebut disebabkan oleh ring piston yang rusak akan ada banyak asap yang keluar dari ujung pipa knalpot Anda. Asapnya biasanya berupa asap putih dengan warna kebiruan dan baunya seperti oli terbakar yang berbeda dengan bau knalpot biasa.

baca artikel menarik lain tentang cara mengatasi oli keluar dari knalpot

2. Oli Bocor

Alasan paling umum kedua adalah adanya kebocoran oli dan oli masuk ke bagian luar mesin dan kemudian terbakar karena panas. Hal ini akan menimbulkan asap yang berasal dari mesin itu sendiri.

Hal ini bisa diketahui saat oli di mesin habis. Jika motor berasap karena alasan ini, silinder biasanya pecah, sehingga bisa terlihat bekas oli keluar di bagian sekitar sana.

Ketika mengalami kebocoran oli eksternal yang terbakar dari panas mesin, akan terlihat asap putih dengan warna kebiruan disertai bau oli terbakar. Ring piston yang aus dan oli bocor ini harusnya mudah dibedakan karena mesin dan pipa knalpot umumnya memiliki jarak yang lumayan jauh satu sama lain.

3. Kabel Terbakar

Jika asap tidak muncul dari knalpot atau mesin, maka kabel motor kemungkinan telah terbakar. Ini adalah jenis asap yang paling berbahaya karena dapat memicu kebakaran pada kendaraan.

Asap jenis  ini akan sering disertai dengan bau karet terbakar. Periksa kabel dan harnes kabel dari bekas bakaran, tanda hangus, atau plastik yang meleleh. Masalah ini harus segera diperbaiki dan jangan menggunakan motor sama sekali pada saat kabel terbakar.

Asap yang keluar dari kabel sepeda motor biasanya akan mengeluarkan asap yang sangat gelap, hampir hitam dan akan disertai dengan bau karet terbakar (karena selubung karet di sekitar kabel terbakar).

baca artikel menarik lain tentang oli keluar dari knalpot

Cara Mengatasi Motor yang Berasap

Nah, setelah mengetahui masalahnya, sekarang waktunya untuk menyelesaikannya. Masalah di atas bisa diselesaikan sendiri ataupun menggunakan jasa bengkel. Jika punya peralatan yang lengkap dan juga pengalaman, masalah ini bisa diselesaikan sendiri namun jika tidak, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel.

1. Mengganti Piston Ring

Jika piston ring rusak, tes kompresi mesin terlebih dahulu. Namun, untuk melakukannya tidak mudah, karena perlu peralatan lengkap untuk menguji tekanan silinder secara terpisah. Kalau untuk masalah ini, sebaiknya harus dibawa ke bengkel.

2. Ganti Gasket atau Mengencangkan Baut

Jika masalah asap ini berasal dari kebocoran oli mesin, sebaiknya ganti gasket atau kencangkan bautnya. Keduanya, memang memerlukan ketrampilan dan pemahaman tinggi. Terutama, saat mengencangkan, baut harus sesuai dengan spesifikasi torsi agar motor tidak malah tambah bocor atau mesin malah jadi rusak.

3. Ganti Kabel

Jika masalahnya ada pada kabel, periksa semua kebel di sepeda motor untuk menentukan kabel mana yang bermasalah. Segera ganti kabel yang bermasalah dan pastikan untuk menyambungkannya dengan benar untuk mencegah masalah di kemudian hari. Juga pastikan bahwa kabel tertentu di-grounding dengan benar dan dilindungi oleh sekering. Pastikan juga kabel tidak bergesekan dengan apa pun seperti ban depan atau belakang.

Sumber: https://motorcyclehabit.com

Sumber Gambar: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Autos.id – Berkendara motor memang membutuhkan keahlian, terlebih apabila menggunakan motor gede alias Moge. Oleh karenanya, saat ini diberlakukan juga kategori SIM C, untuk...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...