All New Hyundai i20 dipasarkan di Indonesia seharga Rp 263 juta. Sementara untuk varian yang menggunakan transmisi manual dilego Rp 249 juta.
Jakarta, Autos.id – Hyundai Indonesia kembali menghadirkan generasi baru medium hatcback i2 yang menjadi andalannya sejak 2010. Model yang sama kini kembali hadir dengan sejumlah perubahan yang membuatnnya makin menarik dalam tubuh All New Hyundai i20.
Lahir di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, All New Hyundai i20 mendampingi Grand Avega bermain di kelas hatcback yang sama untuk menguatkan eksistensinya. All New i20 menggunakan bahasa desain Fluidic Sculpture 2.0. Seperti apa keunggulan i20 anyar ini? Autos.id pun mendpaat kesempatan mencobanya beberapa pekan lalu.
“Seperti apa keunggulan i20 anyar ini? Autos.id pun mendpaat kesempatan mencobanya beberapa pekan lalu”
Hyundai i20 baru ini dilahirkan dari tangan dingin desainer Jerman, Peter Schreyer. Seorang mantan desainer Volkwagen (VW) Group. Tak heran i20 punya desain yang mirip model VW. Lebih agresif dibanding generasi sebelumnya.
Gril besar di depan, lampu utama berbentuk lancip dengan aksen silver, serta LED Daytime running light membuat wajahnya lebih sporty. Lanjut ke bagian eksterior samping, mendapat side body molding hitam dof dengan paduan garis tegas membuatnya terlihat lebih kekar melengkapi fender di bawah lampu depan, sampai ke lampu belakang.
Desian stop lamp combination yang baru, mempertahankan bulb bukan LED, tapi modelnya berupa “L” mirip model lampu belakang mobil-mobil VW modern. Sementara pilar C dengan finishing hitam dof membawa kesan floating roof yang membuatnya lebih elegan.
Melongok ke interior, All New i20 cukup lega. Legroom dan headroom mampu membuat pengemudi dan penumpang duduk nyaman, Ruang kokpit yang menyatu memudahkan driver menjangkau transmisi. Roda kemudi lengkap dengan audio control memudahkan pengaturan panel instrument.
Layar audionya menggunakan layar sentuh. Akses tangan kiri driver sangat mudah mengontrol power windows dan foglamp dan tingkat pencahayaan panel instrument di dashboard berwarna hitam. Beberapa sudut interior seperti garnish mendapat aksen chrome.
Meski memiliki kabin legah, namun headrest yang terintegrasi dengan jok belakang sehingga tidak mampu menopang kepala dan leher dengan sempurna. Penumpang juga dimanjakan dengan ventilasi AC terpisah yang bisa diatur sendiri sesuai kekuatan blowernya.
Pada jantung pacu, All New i20 menggendong mesin Kappa 1.4 MPI D-CVVT dengan tenaga 100 hp dan torsi puncak 136 Nm. Masih lebih kecil dibanding Honda Jazz yang menembus 120 hp atau selisih tipis dengan Toyota Yaris yang mencapai 107 hp.
Model ini menyasar kaula muda termasuk sosialita karena kecocokannya sebagai mobil dengan bertransmisi automatic shiftronic 4-percepatan yang diracik untuk memberikan akselerasi agresif untuk kondisi perkotaan. Kenyamanan ini ditunjang suspensi lembut, padahal i20 mampu melakukan turning radius yang kecil.
Kelemahannya ada pada akselerasi lambat saat ada pada putaran bawah, namun berubah gahar ketika rpm naik menembus 4.500. Kapasitas lapang bagasi disediakan i20, dibantu jok baris kedua yang bisa ditekuk, dengan mengangkat tuas kecil di sudut sandaran jok belakang.
Dengan segala kelebihannya, All New Hyundai i20 dipasarkan di Indonesia seharga Rp 263 juta. Sementara untuk varian yang menggunakan transmisi manual dilego Rp 249 juta. Semua harga itu on the road Jakarta.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.