Yamaha meluncurkan scooter elektrik baru dengan nama Yamaha EMF dengan fitur baterai yang bisa ditukar dari Gogoro.
Autos.id – Akhir-akhir ini adalah hari besar untuk Gogoro karena Yamaha sudah meluncurkan berita besar baru setelah mendapatkan beberapa investasi besar. Baterai dari perusahaan asal Taiwan ini akan dipakai dalam scooter listrik terbaru dari Yamaha. Scooter listrik baru ini diberi nama Yamaha EMF. Selain baterai yang bisa digonta -ganti, motor ini juga memiliki desain yang keren. Body panelnya memakai gaya futuristik yang terhubung hingga headlights bertumpuk. Lampu belakangnya sendiri memiliki gaya afterburner. Desain yang sangat berbeda dengan karya Yamaha lain.
Scooter ini juga memiliki kompartemen barang yang unik di antara kaki pengemudi. Dari gambar, terlihat bahwa ruang ini berfungsi untuk tempat minuman dan barang-barang kecil. Namun hal ini tidak terlihat saat dikunci tertutup.
Perusahaan otomotif asal Jepang ini belum merilis daftar lengkap spesifikasi motor baru ini. Namun ada yang membocorkan bahwa kendaraan ini akan bergerak dengan mesin mid-mounter bertenaga 7.6 kW. Motor ini juga memakai final chain drive di roda belakangnya yang berukuran 130/70-10.
Rem 4 piston hydraulic disc dengan Combined Braking System (CBS) diterapkan untuk meningkatkan keamanan berkendara. Untuk sisi percepatannya sendiri, Yamaha mengklaim motor ini bisa berangkat dari kecepatan 0 hingga 50 km/jam dalam waktu 3.5 detik. Hanya saja belum ada angka pasti untuk kecepatan tertingginya.
Alasan Yamaha memilih baterai Gogoro karena di tempat pertama peluncuran scooter listrik ini, Taiwan, GoStation (tempat menukar baterai Gogoro bahkan) berjumlah lebih banyak daripada pom bensin. Bahkan hal ini juga terjadi di kota besar seperti Ibukota Taipei.
Baterai swappable Gogoro juga sangat populer di antara manufaktur scooter sebagai cara untuk melewatkan tahap pengembangan baterai. Gogoro membantu manufaktur seperti Yamaha untuk mengembangkan desain scooter listrik atas dasar arsitektur baterai yang ada dan bukan membuat ulang roda atau baterai.
Kepopuleran Gogoro ini terbukti dengan jumlah motor listrik yang memakai baterai Gogoro di Taiwan mencapai 98%. Perusahaan ini bahkan sudah dianggap sebagai salah satu pemimpin global arsitektur baterai swappable. Bersama Yamaha sendiri, Gogoro sebelumnya juga sudah pernah menjadi suplai baterai untuk scooter listrik EC-05.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.