Satu juta unit yang terjual bukan hanya untuk pasar domestic saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor
Jakarta, Autos.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mencapai produksi kendaraan untuk kategori LCGC (Low Cost Green Car) sebanyak 1,1 juta unit secara kumulatif. Capaian ini adalah untuk semua kendaraan LCGC yang diproduksi di Indonesia, baik sebagai merek Daihatsu atau Toyota, untuk memenuhi permintaan di pasar domestik dan juga ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).
Terdapat 2 segmen kendaraan LCGC yang diproduksi ADM. Segmen pertama adalah HB (Hatchback), yaitu Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan Toyota Wigo yang sejak peluncuran perdananya di tahun 2013 hingga 2020 telah mencapai lebih dari 650 ribu unit.
Yang kedua adalah LCGC berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle), yaitu produk kolaborasi Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya. Produksi pada kendaraan di segmen ini telah mencapai lebih dari 465 ribu unit sejak peluncuran perdananya.
Capaian total produksi dari kedua segmen LCGC yang menembus lebih dari 1,1 juta unit ini berkontribusi sekitar 29% dari jumlah total produksi ADM yang berkisar sekitar 3,8 juta unit pada periode 2013 – 2020. Capaian ini merupakan salah satu catatan penting ADM, dan menandakan bahwa kendaraan LCGC yang diproduksi ADM menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasar domestik, maupun pasar ekspor.
Prestasi ini melengkapi sejarah ADM yang sebelumnya telah mencapai produksi kendaraan 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit pada 2010 disertai penghargaan rekor dari MURI, serta 3 juta unit (2013), 4 juta unit (2015), 5 juta unit (2017), dan 6 juta unit (2019).
"Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM, sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Daihatsu Tambah Varian Special Edition ‘VS Series’ pada Move Canbus
Sementara itu, Daihatsu Motor Co., Ltd. di Jepang menambahkan varian special edition melalui VS Series ke dalam jajaran kendaraan berpenumpang Daihatsu Move Canbus, yang telah diluncurkan secara nasional di Jepang pada 14 Desember 2020 lalu. Melansir dari www.daihatsu.com , kendaraan mini yang diluncurkan perdana pada September 2016 silam, terus dikembangkan terutama untuk memanjakan kaum wanita yang aktif, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mobilitas sesuai dengan gaya hidup wanita modern saat ini.
Daihatsu Move Canbus memiliki desain eksterior unik nan menarik. Dengan sentuhan two-tone color, serta aksesibilitas dengan pintu geser yang sangat nyaman, membuat Move Canbus mendapat sambutan positif dari pelanggan di Jepang.
Pada tambahan varian baru ini, empat kendaraan special edition ‘VS Series’ dilengkapi dengan Warm Pack dan fitur standar lainnya yang telah disematkan mengambil basis dari varian G “Makeup Limited SA III” dan G “Black Interior Limited SA III”. Sedangkan pada varian G "Black Interior VS SA III" dan G "Black Accent VS SA III”, kendaraan ini telah menyematkan tambahan lain seperti shift knob berbahan kulit agar lebih berkualitas, namun dengan harga kendaraan yang tetap terjangkau.
Daihatsu terus berkomitmen dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.