Last updated on 3 Desember, 2024
Jakarta, Autos.id – Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) pertama kali berdiri pada tahun 1970 sebagai distributor tunggal Mitsubishi di Indonesia. Saat itu, perusahaan ini bernama PT New Marwa 1970 Motors. Pada tahun 1973, nama perusahaan ini berganti menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).
Mitsubishi Indonesia, pertama kali menghadirkan kendaraan di tanah air adalah model Colt pertama yang masuk ke Indonesia adalah T100. Ia resmi dirilis pada 1971, beberapa catatan lain ada yang menyebut 1969. T100 hadir sebagak kendaraan bak terbuka, tentu jadi peluang bagi perusahaan karoseri saat itu untuk mewujudkan beragam kebutuhan konsumen.
Pemilihan nama Colt berasal dari bahasa Jepang, Koruto. Aksara yang jika diartikan dalam Indonesia berarti kuda muda, atau anak kuda. Entah apa hubungannya, namun nyatanya nama ‘Kuda’ kemudian dijadikan sebagai model mobil keluarga Mitsubishi Indonesia, puluhan tahun kemudian.
Tahun terus berganti, Mitsubishi menghadirkan berbagai jenis kendaraan mulai dari mobil komersial hingga berbagai jenis mobil penumpang. Dari semua modelnya ini, MMKI yang kini berganti nama menjadi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menghadirkan produk-produk unggulannya, seperti Mitsubishi Lancer pada tahun 1975 yang terus berinovasi hingga diluncurkannya Mitsubishi Lancer Evolution yang pertama kali diproduksi tahun 1992.
Mitsubishi Lancer Evolution atau yang lebih dikenal dengan nama Mitsubishi Evo, identik dengan dunia balap terus melakukan improvement, bahkan hingga tahun 2015, Mitsubishi Evo terakhir diproduksi hingga mencapai tingkatan 10 atau Evo IX. Varian terakhir ini memang banyak digandrungi para pecinta balap, karena tenaganya yang mumpuni hingga mencapai 286 hp.
Dari sedan, terus berkembang menjadi SUV seperti Mitsubishi Kuda, untuk jenis MPV nya adalah Mitsubishi Grandis. Bahkan, pengembangan dari Mitsubishi Colt yang sampai saat ini masih banyak peminatnya, adalah Mitsubishi Triton yang juga banyak digunakan di wilayah pertambangan, perkebunan dan lainnya. Sedangkan pengembangan dari Grandis adalah Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross yang juga tidak sedikit penggunanya di tanah air.
Kini MMKSI lebih mengutamakan 6 produk andalannya yang dipasarkan di Indonesia yaitu Mitsubishi L300, Xpander, Xpander Cross, Pajero, Triton dan yang terbaru adalah XForce.
Dari keenam modelnya tersebut, MMKSI menyediakan berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dan yang terbaru adalah varian terbaru dari model Mitsubishi Xforce, yaitu Mitsubishi Xforce Ultimate DS, yang melengkapi dua varian yang telah diperkenalkan sebelumnya, Mitsubishi Xforce Ultimate dan Mitsubishi Xforce Exceed.
Peluncuran varian baru Mitsubishi Xforce Ultimate DS ini hadir dengan penyematan teknologi “Diamond Sense”, fitur bantuan keselamatan terintegrasi terbaru yang lebih lengkap dari varian sebelumnya, sekaligus menjadi penanda komitmen Mitsubishi Motors yang telah hadir selama hampir 55 tahun di Indonesia untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik yang relevan bagi konsumen.
Seperti yang dijelaskan oleh Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI, selama 55 tahun, Mitsubishi Motors telah menjadi pelopor inovasi di negara ini, membantu para konsumen melewati beragam tantangan hidup sekaligus meraih berbagai peluang.
Dengan pengalaman lebih dari 5 dekade, teknologi canggih, servis purna jual yang andal, serta kepercayaan yang telah dibangun, kami berkomitmen untuk memberdayakan setiap pelanggan untuk dapat menjelajahi dunia dengan percaya diri dan menjalani petualangan hidup mereka secara maksimal,” tukas Atsushi Kurita di Jakarta baru-baru ini.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.