Last updated on 25 Oktober, 2024
Gaydon, Inggris, Autos.id – Defender: New Defender OCTA. Model paling tangguh, paling mumpuni dan termewah dalam keluarga 4×4 yang hebat, membawa kemampuan Defender 110 ke level yang tak tertandingi. Mengusung mesin V8 mild-hybrid Twin Turbo 4,4 liter, model OCTA adalah Defender paling ekstrem dan paling bertenaga yang pernah dibuat, dengan tenaga 635PS dan torsi hingga 750Nm yang memungkinkan kecepatan 0-60mph untuk ditempuh dalam 3,8 detik (0-100km/h dalam 4,0 detik).
Eksteriornya lebih berani dan tangguh dari sebelumnya, dengan karakter yang berbeda. Tinggi kendaran ditingkatkan, pendiriannya diperlebar, dan lengkungan di atas roda diperpanjang untuk tampilan yang luar biasa.
Bumper yang didesain ulang memberikan sudut laju pergerakan yang lebih baik, sementara perlindungan bagian bawah body mobil yang kokoh memberikan rasa percaya diri bagi pengemudi untuk menjelajah lebih jauh di medan yang berat. Dan, Defender ini akan mengarungi lebih dalam dibandingkan Defender produksi sebelumnya menembus air hingga satu meter.
Nama New Defender OCTA diambil dari mineral paling keras dan paling diinginkan di dunia, yaitu berlian dan bentuk oktahedral yang memberikan tampilan dan daya tahan yang khas. Bentuk ini juga menginspirasi grafis khas baru, yang menandakannya sebagai Defender flagship kuat dan tangguh, namun mencolok, langka dan diinginkan.
Setiap Defender OCTA menggunakan grafik berlian baru yang dilingkari, termasuk berlian hitam mengkilap di dalam cakram titanium yang dibuat dengan mesin dan sandblasted pada setiap panel Signature Graphic.
Kemewahan tangguh Defender OCTA dilambangkan dengan Defender OCTA Edition One yang tersedia pada tahun pertama produksinya. Defender OCTA Edition One hadir dengan spesifikasi khusus, tampil dengan warna cat Faroe Green baru yang eksklusif serta interior PU Khaki, Ebony UltrafabricsTM dan Knit yang mulus, detail Chopped Carbon Fiber baru, serta velg forged 20 inci dengan pilihan all-terrain atau ban opsional All-Terrain Advanced yang dikembangkan secara khusus.
Performa yang tak tersaingi
New Defender OCTA ditenagai mesin V8 mild-hybrid Twin Turbo 4,4 liter 635PS yang dipadukan dengan transmisi otomatis delapan gigi dengan kecepatan rentang tinggi dan rendah, ini adalah Defender paling bertenaga dan paling ekstrem yang pernah ada. Defender OCTA baru akan mencapai kecepatan hingga 250kmh jika dilengkapi dengan velg ringan 22 inci dan ban all-season.
Dengan torsi 750Nm (hingga 800Nm saat mode Dynamic Launch dipilih) dan disesuaikan dengan performa kendaraan yang luar biasa di segala medan, New Defender OCTA mampu berakselerasi dari 0-60mph dalam 3,8 detik (0-100km/jam dalam 4,0 detik), sedangkan torsi puncak tersedia mulai dari 1.800rpm hingga mendekati 6.000rpm, untuk kemampuan berkendara yang luar biasa.
Kemampuan dan daya tahan yang luar biasa
Kemampuan dinamis New Defender OCTA melampaui semua pencapaian Defender yang pernah ada, dengan diperkenalkannya teknologi hydraulically-interlinked 6D Dynamics suspension untuk pertama kalinya pada sebuah Defender, bersamaan dengan perubahan hardware dan geometri yang ekstensif. Uniknya, mobil ini dirancang agar menyenangkan untuk dikendarai di jalan raya maupun off-road, tanpa kompromi.
Defender OCTA lebih tinggi 28mm dan jarak pijak yang lebih lebar 68mm, untuk ground clearance dan stabilitas yang unggul. Mobil ini juga dilengkapi rem cakram depan 400mm yang ditingkatkan dengan kaliper Brembo dan rasio kemudi tercepat dari Defender hingga saat ini, untuk respons yang cepat dan tepat.
Jamal Hameedi, Director of SVO, JLR, mengatakan, para ahli performa-tinggi kami telah mencapai hal yang mustahil dengan Defender OCTA, bekerja tanpa kenal lelah selama tiga tahun terakhir untuk menciptakan Defender paling tangguh yang pernah dibuat – terlepas dari permukaan apa pun dilaluinya. “Mereka telah merekayasa ulang komponen-komponen di seluruh kendaraan untuk memastikan Defender OCTA adalah pendamping yang sempurna untuk petualangan epik di mana pun di dunia,” ungkapnya.
Jaringan canggih peredam semi-aktif yang saling terhubung melalui hidraulik secara virtual menghilangkan pitch dan body roll di jalan raya, sistem 6D Dynamics juga berkontribusi terhadap kenyamanan dan kehalusan yang belum pernah ada sebelumnya pada sebuah Defender.
Di medan yang berat, 6D Dynamics memungkinkan perputaran roda yang lebih baik dan mampu mengatasi rintangan yang lebih ekstrem, sehingga klien dapat melakukan petualangan lebih jauh dan dengan kenyamanan superior.
Selain Mode Comfort default, Mode Dynamic memberikan pengalaman berkendara yang berfokus pada performa terbaik, menyesuaikan pengaturan kemudi, throttle, dan suspensi kendaraan hanya dengan menekan satu tombol logo signature transparan di roda kemudi.
Menekan tombol yang sama lebih lama akan mengakses Mode OCTA, mode berkendara off-road pertama yang khusus untuk Defender dengan fokus performa. Mode ini telah dikembangkan secara khusus untuk memastikan kendali penuh dan rasa percaya diri pengemudi.
Mode OCTA juga mengaktifkan mode Off-Road Launch untuk akselerasi optimal pada permukaan yang lapang. Dan, bila dikombinasikan dengan pengaturan kontrol traksi terendah (TracDSC atau DSC mati), sistem ini juga menggunakan kalibrasi ABS Off-Road yang unik untuk kinerja pengereman optimal pada permukaan yang lapang.
Untuk manuver off-road yang lebih teknis, rangkaian mode Terrain Response yang familiar dari Defender tetap berada di ujung jari pengemudi, dengan kalibrasi khusus untuk pasir, jalur berlumpur, rumput, tanah, salju, dan mendaki lintasan tertentu – dibantu oleh alat bantu pengemudi off-road seperti ClearSight Ground View3, yang secara efektif menjadikan kap mesin transparan untuk meningkatkan visibilitas dan ketenangan di luar jalur.
Palet warna Defender OCTA mencakup dua lapisan metalik premium baru yang eksklusif: Petra Copper dan Faroe Green, bersama Carpathian Grey dan Charente Grey, sementara semua model Defender OCTA menampilkan atap kontras dan pintu belakang dalam warna Narvik Black yang mengkilap.
Faroe Green tersedia secara eksklusif pada Defender OCTA Edition One, begitu juga dengan detail Chopped Carbon Fiber. Hasil akhir yang sangat khas ini, yang mencakup bahan mentah daur ulang, hadir pada bonnet script Defender, sekeliling ventilasi sepatbor dan sekeliling ventilasi kap mesin, serta sandaran kursi depan dan trim konsol tengah di dalamnya.
Interior yang menarik, mendalam
Di bagian dalam, pilihan yang terkurasi membuat New Defender OCTA berbeda. Tersedia dua pilihan Ultrafabrics™ PU yang sangat tahan lama – 30 persen lebih ringan dibandingkan kulit biasa. Finishing jok ini merupakan standar pada Defender OCTA Edition One, dengan warna duo-tone Khaki dan Ebony, dengan tekstil rajutan dan finishing simpel dan mulus.
Untuk Defender OCTA, interior standarnya adalah kulit semi-anilin Burnt Sienna baru, dengan trim tekstil Kvadrat™ dalam warna hitam keabuan. Sebagai alternatif, Defender OCTA apa pun dapat dilengkapi dengan Ultrafabrics™ PU dalam warna Light Cloud dan Lunar, atau kulit semi-anilin dalam Ebony.
Barisan depan Defender OCTA menghadirkan Performance Seats baru dengan bantalan yang lebih suportif dan sandaran kepala terintegrasi. Kedekatan Defender dengan musik semakin ditonjolkan melalui teknologi audio Body dan Soul Seat yang imersif – tersedia untuk pertama kalinya di sebuah Defender.
Pemesanan Defender OCTA baru akan segera dibuka secara resmi, harga awal dimulai dari £145,300 (OTR) di Inggris. New Defender OCTA Edition One, tersedia sepanjang tahun pertama produksi, harga awal dimulai dari £160.800 (Rp 3,2 miliaran) di Inggris. Pahlawan baru berperforma tinggi dan segala medan ini telah melakukan debut publik dan dinamisnya di Goodwood Festival of Speed 2024 pada 11-14 Juli lalu.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.