Datsun Go+ menjadi awal tren mobil LCGC murah, lalu kini disaingi oleh Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Autos.id – Persaingan mobil LCGC berkapasitas 7 penumpang semakin sengit di Indonesia. Sebelumnya, Datsun Go+ mendominasi pasar mobil ini. Namun, sekarang posisinya mobil terjangkau besutan Datsun ini tergoyahkan oleh kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kedatangan mobil LCGC tersebut dari Toyota dan Daihatsu ini pun menyebabkan penjualan Datsun Go+ semakin menurun.
Lalu bagaimana jika ketiga mobil tersebut dikomparasikan? Mana yang yang lebih baik?
Desain
Dalam hal desain eksterior, ketiga mobil tersebut memiliki desain yang sama-sama bagus. Namun, dalam hal fitur, Datsun Go+ kalah dengan para pesaingnya, yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.
Hal tersebut disebabkan karena Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah dilengkapi dengan fitur eksterior yang terlihat mewah, seperti lampu depan dan spion yang dilengkapi dengan lampu sein. Selain itu, bagian belakang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan wiper belakang, sedangkan Datsun Go+ belum memiliki wiper belakang.
Baca juga: Mau Pasang AC Double Blower di Toyota Calya dan Daihatsu Sigra? Segini Harganya
Interior
Pertimbangan para konsumen mobil LCGC dengan 7 penumpang terletak pada bagian interior dan kapasitas kabin. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memiliki kapasitas bagasi yang lebih luas dibandingkan dengan Datsun Go+.
Selain itu, pada baris ketiga kursi, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra lebih unggul karena memiliki kursi baris ketiga yang tidak terlalu sempit dibandingkan dengan Datsun Go+.
Mengenai desain dashboard, desain Datsun Go+ lebih bagus karena terlihat lebih modern dan dinamis. Sementara itu, desain dashboard Toyota Calya dan Daihatsu Sigra terlihat kuno.
Jika dibandingkan dari segi fitur, Datsun Go+ masih kalah dibandingkan dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Untuk fitur keselamatan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra juga lebih lengkap dibandingkan dengan Datsun Go+.
Baca juga: LCGC Baru Naik, Konsumen Lari Ke LCGC Bekas?
Mesin dan Performa
Membahas bagian mesin, Toyota Calya menggunakan mesin 3NR In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1197 cc. Dengan mesin tersebut, Toyota Calya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 11 Kgm pada putaran mesin 4200 rpm.
Sementara itu, Daihatsu Sigra menggunakan mesin 1.0 liter tipe D26F 1KR-DE dengan 3 silinder. Tipe mesin kedua sama dengan Toyota Calya, yaitu mesin 3NR-VE DOHC dengan teknologi Dual VVT-i.
Mesin 1.0 liter mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 67 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 8.7 Nm pada putaran mesin 3.600 rpm. Untuk tipe mesin 1.2 liter, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 88 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 109 Kgm pada putaran mesin 4.200 rpm.
Sedangkan Datsun Go+ menggunakan mesin yang sama dengan Nissan March, yaitu HR12DE, yang juga merupakan mesin dari platform Nissan March. Mobil ini menggunakan mesin DOHC 3 silinder dengan kapasitas 1198 cc.
Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 50 KW pada putaran mesin 6000 rpm, dan torsi 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm. Mesin ini juga diketahui memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Perlu dicatat juga bahwa banyak orang yang menganggap kualitas mesin Datsun Go+ lebih baik jika dibandingkan dengan Toyota Cayla atau Daihatsu Sigra.
Perbandingan Harga
Berikut adalah perbandingan 3 mobil LCGC dengan 7 penumpang yang sedang dibahas:
Toyota Calya
- Varian 1.2 E MT STD: Rp164.700.000
- Varian E MT: Rp167.600.000
- Varian G MT: Rp173.200.000
Daihatsu Sigra
- Varian 1.0 D MT: Rp135.000.000
- Varian 1.0 M MT: Rp 145.600.000
- Varian 1.2 X MT: Rp 155.300.000
Datsun Go+
Di Indonesia, Datsun telah menghentikan penjualan mobil Go+. Selain itu, produksi mobil ini juga telah dihentikan. Namun harganya terakhir kali dijual sekitar Rp120.000.000 – Rp157.000.000.
Sumber: Berbagai sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.