Autos.id – Persaingan segmen SUV angka 700 Jutaan ini beneran bikin kelapa pening bukan main. Tatkala lihat beberapa nama pesaing sudah terlalu tua. Dan
Waduh, noted banget bro! Jadi ini Ford Everest Sport 2025 vs Mitsubishi Pajero Sport 2025 (facelift) ya—bukan Ranger. Ini perbandingan antara dua SUV ladder frame sejati yang sering jadi pilihan buat family adventurer atau eksekutif yang suka jalan jauh.
Sebenarnya apa sih yang jadi barometer dari kedua model ini? Kalau mau lihat seh dari penjualan dan juga populasi pun keduanya memang jadi pusat perhatian. Meskipun Everest sendiri jauh dari kata banyak populasinya ketimbang Pajero Sport. Nah ini juga jadi pertimbangan buat pengguna mobil ini.
Langsung kita breakdown dengan parameter yang sama:
Mesin, Transmisi & Kaki-kaki
Ford Everest Sport 2025
- Mesin: 2.0L Turbo Diesel, 4-silinder
- Tenaga: ±170 PS @ 3.500 rpm
- Torsi: ±405 Nm @ 1.750–2.500 rpm
- Transmisi: 6-speed otomatis
- Penggerak: 4×2 (RWD)
- Suspensi Depan: Double Wishbone Independent
- Suspensi Belakang: Coil Spring with Watt’s Linkage
Mitsubishi Pajero Sport 2025 (Facelift)
- Mesin: 2.4L MIVEC Turbo Diesel
- Tenaga: ±181 PS @ 3.500 rpm
- Torsi: ±430 Nm @ 2.500 rpm
- Transmisi: 8-speed otomatis
- Penggerak: 4×2 (RWD)
- Suspensi Depan: Double Wishbone
- Suspensi Belakang: 3-link dengan Coil Spring
Analisis:
Pajero punya torsi dan transmisi lebih unggul, tapi Everest menang di kestabilan karena Watt’s Linkage, bikin handling lebih mantap saat cornering. Jadi kalau mau ambil Pajero Sport demi kecepatan ya bisa saja. Namun buat yang kejar stabil dan nyaman, Ford Everest jauh lebih unggul daripada Pajero Sport.
Dimensi
Parameter | Ford Everest Sport | Pajero Sport 2025 |
---|---|---|
Panjang | ±4.914 mm | ±4.825 mm |
Lebar | ±1.923 mm | ±1.815 mm |
Tinggi | ±1.837 mm | ±1.835 mm |
Wheelbase | ±2.900 mm | ±2.800 mm |
Ground Clearance | ±225 mm | ±218 mm |
Everest lebih bongsor & lebar, cocok untuk kabin lega dan kesan SUV Eropa. Pajero sedikit lebih ramping dan “rapi” untuk urban drive. Tapi ya kalo bicara dimensi pun rasanya Pajero Sport masih masuk kok. Bahkan jalan sempit pun dilibas oleh dia juga. Ya, pemenangnya adalah Pajero Sport.
Fitur
Everest Sport
- Layar sentuh 10.1″ dengan SYNC 4A
- Apple CarPlay & Android Auto wireless
- Digital instrument cluster
- 8 Airbags
- Rear Camera + Sensor
- Lane Keeping Aid
- Rear Differential Lock
- Hill Descent Control
- Active Noise Cancellation
Pajero Sport (Dakar 4×2 facelift)
- Layar 8–9″
- Apple CarPlay & Android Auto wired
- 7 Airbags
- Adaptive Cruise Control
- Forward Collision Mitigation
- Lane Departure Warning
- Blind Spot Warning
- 360° Camera
- Remote tailgate & keyless operation
Pajero unggul di fitur keselamatan aktif, sementara Everest menang di infotainment & kenyamanan khas SUV modern. Sebenarnya ini tinggal memilih mana yang cocok, mau
Kapasitas Penumpang
Dua-duanya SUV 7-seater. Jadi ya, tidak masalah toh, lagian ini kan model untuk keluarga dua anak atau tiga anak. Dan mereka yang bawaannya bejibun pun lebih memilih Everest ketimbang Pajero Sport.
Namun, kabin Everest lebih lega karena bodinya lebih lebar & desain interior yang luas.
Desain Bodi
Ford Everest Sport
- Gaya maskulin dan modern, mirip SUV Amerika (ada DNA F-150)
- Grille besar hitam, lampu LED sipit, kesan mewah tapi gagah
- Rear lamp full LED horizontal, ngasih feel Eropa banget
Pajero Sport Facelift 2025
- Desain Dynamic Shield khas Mitsubishi
- Grille dan bumper lebih agresif dari versi sebelumnya
- Lebih elegan tapi tetap tangguh
- Masih ada “moncong hiu” vibes yang khas
Soal desain seh itu selera ya, tapi soal desain seh Ford Everest ini punya kesan berbeda. Lebih firm dan gagah dari kejauhan. Namun sifat dominan dan mudah membaru ya Pajero Sport 2025. Terlihat jelas kok tampilannya lebih adem dan banyak mengira model ini lebih cocok di perkotaan.
Harga OTR Jakarta (April 2025)

New Pajero Sporto
Model | Harga OTR (perkiraan) |
---|---|
Ford Everest Sport 4×2 | Rp 799 Juta |
Pajero Sport Dakar 4×2 AT | Rp 630 – 660 juta |
Bicara harga sih kalau mau tahu seberapa besar angkanya, bisa lihat fitur yang diberikan Dari segi material seh, Pajero Sport masih lebih murah dan banyak pilihannya. Kalau Everest sendiri rasanya agak sulit, karena after sales belum banyak juga masih fokus ke pasar fleet yang setia dengan model seperti ini.
Rangkuman Singkat
Aspek | Ford Everest Sport | Pajero Sport Dakar 2025 |
---|---|---|
Mesin | Turbo 2.0L, torsi cukup | 2.4L, torsi lebih besar |
Transmisi | 6-speed | 8-speed lebih halus |
Handling | Lebih stabil (Watt’s Linkage) | Masih nyaman tapi lebih konservatif |
Fitur | Modern & lengkap (infotainment unggul) | Fitur safety aktif lebih lengkap (Dakar) |
Desain | American SUV look, modern dan lebar | Japanese tough SUV dengan facelift elegan |
Harga | Sedikit lebih mahal | Lebih kompetitif |
Kabin | Lebih lega dan lapang | Cukup lega, khas SUV Jepang |
Kesimpulan:
Pajero Sport menang di transmisi 8 percepatan dan pastinya kesan SUV masih bisa blend di perkotaan. Sedangkan Everest sendiri memang bongsor dan intimidatif. Cuma masalah After Sales dan juga kepercayaan konsumen ke brand sendiri masih jadi perhatian serius.
Kemudian Pajero Sport sendiri punya andil kuat dan sudah teruji di lapangan sebagai mobil untuk tambang, sawit dan lain-lain. Jadinya ya, pilihan ada di Pajero Sport atau Ford Everest Sport. Namun, saran sih kembali lagi. Mana yang paling oke.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.