Pasar mobil 2016 diprediksi akan tetap stagnan hingga penghujung tahun. Namun momentum Hari Raya Idul Fitri diharapkan bisa sedikit memperbaiki keadaan meskipun tidak akan terlalu signifikan.
Jakarta, Autos.id – PT Daihatsu Astra Motor (ADM) terus memonitor perkembangan pasar mobil 2016 di Tanah Air yang terus melambat. Prediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) juga menunjukan hal yang sama.
Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM mengungkapkan pada tahun ini penjualan kendaraan roda empat di Indonesia masih stagnan, sehingga kemungkinan pencapaian total penjualan mobil di Indonesia hingga akhir tahun tidak jauh berbeda dengan pencapaian 2015.
“GAIKINDO bilang tahun ini pasar agak stagnan. Kita percaya karena GAIKINDO sudah mememperhitungkan semuanya,” kata Amelia di Jakarta, Selasa (10/5/2016).
“Penurunan penjualan kata Amelia hampir terjadi disemua model, untuk itu, ia berharap Hari Raya Idul Fitri 2016 dapat sedikit mendongkrak penjualan mobil secara umum”
Penurunan penjualan kata Amelia hampir terjadi disemua model, meski model Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap menunjukan performa penjualan yang baik. Untuk itu, ia berharap Hari Raya Idul Fitri 2016 dapat sedikit mendongkrak penjualan mobil secara umum.
“MPV tetap bagus, hingga saat ini penjualan Daihatsu Xenia masuk ranking dua setelah Toyota Avanza. Mudah-mudahan Lebaran naik, tapi secara total agak susah untuk lebih tinggi mengangkat penjualan tahun ini,” terangnya.
Terkait model mobil yang paling memberi kontribusi saat Lebaran, Amelia menjelaskan model MPV akan tetap menjadi raja karena kebiasaan membawa keluarga pada saat liburan Hari Raya Idul Fitri.
“Umumnya masyarakat Indonesia kalau Lebaran, kan biasa suka bawa keluarga. Nah mobil yang laku umumnya yang 7-seater, semua yang model tujuh penumpang umumnya akan mengalami kenaikan penjualan,” tukas Amelia.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.