Kali ini Autos.id akan membahas mengenai Chevrolet Trax Facelift, SUV compact dengan segudang kelebihan yang dimilikinya. Layakkah untuk dimiliki ?
Jakarta, Autos.id – Chavrolet Trax merupakan pemain baru di segmen SUV (Sport Utility Vehicle) berukuran compact di Indonesia. Baru masuk pada 2016, Trax sudah punya tugas cukup berat untuk melawan pemain-pemain senior di kelasnya.
Sejajar dengan Trax, maka ada banyak sekali pemain di segmen ini. Misalnya saja duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios, yang kala itu masih berupa “SUV” sejati. Lalu ada Nissan Juke dan juga Honda HR-V. Menghadapi pemain-pemain senior yang sudah banyak fans itu tentu butuh strategi khusus bagi General Motors (GM) Indonesia dalam mengemas Chevrolet Trax.
Awal pertama lahir Trax menggebrak sebagai Compact SUV bermesin Turbo pertama di Indonesia dan sudah dibekali beberapa perangkat yang terbilang advance untuk kelasnya. Namun karena masuk Indonesia terbilang telat, maka setahun kemudian, tepatnya sekitar Februari 2017, langsung dimasukkan juga versi facelift-nya. Dan tentu saja, perubahannya diharapkan makin bisa “menggoyang” pilihan konsumen yang mau mencari mobil baru.
Eksterior
Dibanding versi sebelum facelift, jelas sekali banyak perbedaan yang dibawa Chevrolet Trax facelift ini. Tampang depan misalnya, semua dibuat baru. Grilnya baru, lampu utamanya baru dan sudah ada LED day time running light (DRL). Kemudian foglamp juga baru yang semuanya merangkum menjadi paras yang sangat menarik bagi Trax. Bahkan sekilas Trax mirip paras dari Chevrolet Camaro terbaru. Sebagian dari kru kami pun menyebutnya “Baby Bumblebee”
Tapi kalau kalian anggap perubahannya cuma sekitar wajah, maka Anda salah. Karena disamping Trax baru ini juga sudah pakai pelek dengan desain baru yang sekarnag pakai ukuran 18 inci. Lalu spion luarnya juga baru yang sekarang sudah pakai sistem auto retract. Artinya spion bisa dilipat otomatis dari tombol dibagian dalam.
Kemudian hal berbeda lainnya ada pada bagian belakang. Lampu stop kini pakai LED meskipun tunuk lampu sein dan lampu mundurnya masih pakai bulb biasa. Selanjutnya bemper belakang juga desainnya sedikit berubah, meski demikian kita bisa mengetahui mana model yang sebelum facelift dan mana yang Chevrolet Trax facelift.
Interior
Walau cuma secatas facelift, tetapi ada cukup banyak elemen di ruang kabin yang diubah oleh pihak Chevrolet. Misalnya saja lingkar kemudi yang sedikti diubah yang kini ada audio control switch dan cruise control switch. Kemudian panel instrumen juga kini berupa model analog. Tetapi dibagian sampingnya ada MID dengan menu yang cukup lengkap.
Kemudian dasbor meski tetap pakai material plastik keras, namun sudah pakai jahitan kontras yang membuatnya terlihat lebih elegan. Selanjutnya pelapis jok juga punya motif yang berbeda meski masih mengggunakan bahan fabric.
Chevrolet Trax facelift tetap menyajikan kenikmatan berkendara dari sebelum facelift. Kekedapan kabin sanggup meredam semua kebisingan dari luar. Tata letak dasbor dan visibilitas ke berbagai arah juga sangatlah baik.
Dimensi
Chevrolet Trax facelift tetaplah SUV compact yang sangat cantik untuk dilihat. Panjangnya 4.248 mm, lebarnya 2.035 mm, dan tinggi 1.674 mm. dengan jarak sumbu roda 2.555 mm, pengemudi dan penumpang depan mendapat ruang kaki dan kepala yang cukup lapang.
Kenyamanan agak terganggu saat duduk dikursi belakang. Hal itu lantaran jok penumpang belakang tidak bisa di reclining sehingga posisi duduk sangat tegak. Beruntung jok baris kedua ini ada tempat cup holder pada bagian tengah, serta ruang kaki yang juga tidak terlalu sempit.
Trax terbaru juga terlihat cukup jangkung, karena untuk yang tipe LTZ sudah memakai ban ukuran 215/55 R18. Sementara untuk yang varian di bawahnya, yakni tipe LT, menggunakan ban 205/70 R16. Hal yang mengganggu dengan dimensi bodi dan roda ini hanya saat ahrus putar balik di jalan. Turning radiusnya tak memungkinkan untuk melakukan U-Turn dalam sekali putaran. Butuh ancang-ancang khusus atau dua kali maju mundur ketika harus berputar.
Mesin
Tidak ada yang berubah dari ruang mesin Chevrolet Trax facelift. Dia masih tetap SUV Compact bermesin 1.4-liter Turbo. Mesinnya sendiri berkapasitas kubikasi 1.364 Dual CVCP Turbocharger dengan tenaga 140 hp pada 4.900-6.000 rpm dan 200 Nm 1.850-4.900 rpm.
Tenaga ini paling tinggi dikelasnya, karena Honda HR-V 1.5L hanya punya tenaga 120 hp 145 Nm. Sementara Nissan Juke 114 hp dengan torsi 150 Nm. Tenaga besar tentunya membuat kenikmatan berkendara Trax juga terbaik di kelasnya. Termasuk juga untuk urusan efisiensi bahan bakar. Saat pengujian yang kami lakukan dengan rute kombinasi dalam kota dan luar kota, Trax facelift berhasil mencatat konsumsi bahan bakar 12,2 km/liter.
Fitur
Ada banyak fitur unggulan yang dibawa oleh GM Indonesia untuk Trax terbaru ini. Pada bagian luar misalnya, sudah ada lampu utama model projector yang ditambah LED DRL. Lampu utama ini juga pakai fitur Auto On yang membuat lampu akan otomatis menyala saat jalanan terdeteksi gelap. Nah lampu utama itu juga bisa diatur ketinggian sorot cahayanya.
Fitur lainnya adalah sunroof, tilt and telescopic steering, Multi Information Display (MID) yang lengkap hingga tire pressure monitoring, cruise control, hill desecent control, soket power output 230 volt, sampai audio dengan fitur Chevrolet MyLink yang fungsinya mirip Apple Car Play dan Android Auto.
Spesifikasi
Tabel Spesifikasi Chevrolet Trax Facelift di Indonesia | ||
Spesifikasi | LT | LTZ |
Dimensi | ||
Panjang (mm) | 4248 | |
Lebar (mm) | 2035 | |
Tinggi (mm) | 1674 | |
Jarak Sumbu Roda (mm) | 2555 | |
Kapasitas Tangki BBM (liter) | 53 | |
Mesin | ||
Tipe | 1.4-liter cc 4 silinder Dual CVCP Turbocharger | |
Kapasitas (cc) | 1.364 | |
Tenaga maksimum (hp/rpm) | 140 / 4900-6000 | |
Torsi Maksimum (nm/rpm) | 200 / 1850-4900 | |
Jenis Bahan Bakar | Gasoline | |
Transmisi | ||
Tipe | 6 Speed Automatic with Tiptronic | 6 Speed Automatic with Tiptronic |
Sasis | ||
Sistem Penggerak | Front Wheel Drive | |
Suspensi Depan | MacPherson Strut | |
Suspensi Belakang | Compound Crank Rear Axle | |
Rem Depan | Ventilated Disk Brake | |
Rem Belakang | Solid Disk Brake | |
Ukuran Ban | 205/70 R16 | 215/55 R18 |
Tipe Velg | Velg Alluminium Alloy | |
Fitur | ||
Headunit | 2DIN | LCD 7 inch touchscreen |
Jok Pengemudi | Manual | Manual |
Jok Penumpang Depan | Manual | Manual |
Airbag Pengemudi | v | v |
Airbag Penumpang Depan | v | v |
Side Airbag | v | v |
Curtain Airbag | v | v |
Seatbelt Pengemudi | v | v |
Seatbelt Penumpang Depan | v | v |
Seatbelt Penumpang Belakang | v | v |
ISOFIX | v | v |
Immobilizer | v | v |
EPS | v | v |
ABS | v | v |
EBD | v | v |
Brake Assist | v | v |
Cruise Control | v | v |
Parking Sensor | v | v |
Parking Kamera | – | v |
HSA | v | v |
Hill Descent Control | v | v |
Harga
Daftar Harga Chevrolet Trax di Indonesia | |
1.4 LT | Rp 286.000.000 |
1.4 LTZ | Rp 312.000.000 |
* Harga tersebut adalah off the road Jakarta |
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.