Autos.id – Dominasi Toyota di IIMS 2025 sendiri memang tertinggi daripada pesaingnya. Malah beberapa brand sudah tunjukkan taringnya. Mulai dari Chery sampai Wuling menunjukkan hasil positif meskipun masih jauh dari panggang. Lantas, seperti apa lanskap penjualan mobil IIMS 2025 kali ini?
Terus siapa yang dominan dan kenapa bisa jadi pabrikan paling banyak mendominasi penjualan di paruh awal Puasa 2025 ini? Okelah kita bahas dulu dari tabel berikut ini.
Berikut adalah tabel daftar penjualan mobil IIMS 2025 dari yang tertinggi hingga terendah berdasarkan laporan beberapa media:
Berikut adalah tabel yang menunjukkan hanya brand dan total SPK di IIMS 2025:
Brand | Total SPK (Unit) |
---|---|
Toyota | 2,728 |
Mitsubishi | 2,389 |
Wuling | 1,653 |
Chery | 1,490 |
Mazda | 243 |
Neta | 328 |
Suzuki | 1.700 |
Data di atas perlihatkan kalau Toyota bisa ambil angka tertinggi dengan 2.728 SPK, kemudian Mitsubishi (MMKSI) dengan 2.389 unit. Sementara itu, Wuling dan Chery masing-masing menyumbang 1.653 dan 1.490 SPK, dan Mazda berada di posisi terbawah dengan 243 unit. Sedangkan Neta V sendiri hanya 324 unit dan AION 1.353 SPK.
Kok bisa mereka ini dapat angka fantastis di tengah kondisi perekonomian menurun? Atau memang segini penjualan mereka? Itulah yang mau kita kasih lihat kali ini.
Toyota Dominasi oleh Innova Zenix

Toyota Innova Zenix HEV
Innova Zenix sendiri masih jadi favorit meskipun beberapa model seperti Toyota Agya atau Toyota Calya sendiri masih jadi primadona bagi pembeli mobil di IIMS 2025. Mitsubishi, Xpander masih dominan dan ini mencatat kalau model LMPV itu masih primadona di tengah mobil listrik yang selalu dominan dan tidak heran seh kedepannya model begini akan terus ada konsumen yang meminang.
Sedangkan mobil listrik sendiri rasanya penjualan mereka tetap tinggi namun tidak sebesar seperti duo Jepang tersebut. Malah Chery sendiri dengan Chery J6 bisa meraih 500 lebih SPK dan Chery Tiggo Cross dengan angka yang sama. Tidak heran seh, kalau semua-nya berasal dari Chery J6.
Sedangkan Wuling sendiri malah lebih banyak Alvez dengan total 508 SPK. Herannya sih orang lebih suka Alvez mungkin dan New Air EV sendiri kurang lebih masih sama dengan Air EV sebelumnya. Namun Suzuki sendiri malah boyong hampir 1.700 SPK dan dominasi terbesar sebesar 43% dari Suzuki XL7 Hybrid. Kedua, Suzuki New Carry dengan angka 22% dan terakhir Suzuki Grand Vitara hanya 11% saja.

New XL7 Hybrid
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.