Last updated on 31 Mei, 2024
Autos.id – Komponen Vespa menjadi hal yang wajib di cek sebelum melakukan perjalanan jauh, berikut komponen yang perlu di perhatikan.
Vespa pada saat ini menjadi salah satu merk motor yang sangat populer di Indonesia, selain karena perusahaan otomotif ini sudah beroperasi sejak puluhan tahun silam. Faktor lain yang menjadikan motor ini populer di Indonesia yakni karena memiliki tampilan yang kekinian.
simak artikel menarik lain tentang kabel rem depan motor putus
Vespa pertama kali di produksi pada tahun 1946 dengan jumlah total tidak lebih dari 2.500 unit, lalu sekitar 10 tahun kemudian Vespa berhasil membuat sebanyak satu juta unit untuk di edarkan ke pasaran.
Awal kepopuleran nya di mulai ketika seorang aktor dan aktris yang sedang syuting film pada tahun 1953 berkeliling kota Roma dengan menggunakan Vespa. Hal tersebut lantas membuat semua orang di dunia menginginkan Vespa karena di anggap salah satu moda transportasi yang romantis.
Komponen Vespa yang Wajib untuk di Cek
Vespa pada saat ini memiliki dua generasi, yakni generasi pertama (Vespa 2-tak) dan Vespa generasi terbaru (Vespa matic)
Vespa Lawas (2-tak)
- Karburator
Karburator merupakan komponen yang sangat penting pada motor Vespa lawas, karena karburator memiliki fungsi utama pada proses pembakaran dan fungsi lain yaitu mengumpulkan dan mencampur udara serta bahan bakar dari kendaraan.
- Aki
Aki juga termasuk komponen yang penting di motor ini, walaupun jikalau aki mengalami masalah Vespa tetap bisa menyala, namun keberadaan aki akan berpengaruh pada sistem kelistrikan motor.
Baca juga: Siapa Sangka 7 Vespa Klasik Ini Jadi Buruan Kolektor?
- Busi
Busi merupakan komponen yang sangat vital pada motor ini, karena jika tidak ada busi maka motor tidak dapat di nyalakan. Hal yang perlu di perhatikan pada busi yaitu sistem pengapian dan kerak yang biasanya menempel pada busi.
- Kabel Persneling
Kabel ini terdapat pada bagian stang dan terdapat 2 kabel yaitu kabel persneling dan kabel kopling,
jadi perlu di perhatikan kondisi kedua kabel ini dan perlu di lakukan penyesuaian agar kabel tidak terlalu kencang yang dapat mengakibatkan kabel putus.
Vespa Matic
- Oli Gardan dan Pelumas Mesin
Oli gardan perlu di lakukan pengecekan setiap 1.000 km atau 3 bulan masa pemakaian, kemudian pelumas oli perlu di ganti setiap 5.000 km atau 6 bulan masa pemakaian serta
pergantian untuk oli gardan bisa di lakukan setiap 10.000 km atau 12 bulan masa pemakaian tergantung mana yang lebih dahulu di capai.
- Mesin dan CVT
CVT merupakan komponen yang sangat penting keberadaannya karena merupakan komponen yang berfungsi untuk menjalankan motor, komponen ini perlu di lakukan perawatan secara rutin agar performa motor tetap maksimal.
Pada bagian CVT terdapat V-Belt yang berfungsi sebagai penghubung antara ‘penggerak’ dengan ‘yang digerakkan’, V-Belt dapat di cek setiap 8.000 km dan usia pemakaian komponen ini umum-nya mencapai 24.000 km.
- Lampu-lampu
Pencahayaan juga menjadi komponen yang penting keberadaaannya karena jarak pandang akan menjadi lebih baik tentunya, maka lakukan pengecekan pada sistem kelistrikan dan komponen lampu-lampu seperti lampu depan, lampu belakang dan lampu rem.
Baca juga: Harga Motor Vespa Matic 2023 Paling Lengkap!
Sumber: Berbagai sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.