Autos.id – Salah satu mobil paling ikonik di dunia, khususnya para kalangan generasi 90-an, Dodge Viper. Dodge Viper merupakan kendaraan berperforma tinggi yang berasal dari Produsen asal Amerika , berikut adalah sejarah, generasi dan modelnya
Dodge Viper Generasi Pertama
Dodge Viper pertama kali muncul sebagai gagasan dari Presiden Chrysler saat itu, Bob Lutz, yang ingin merek tersebut membangun mobil olahraga sendiri dengan semangat Shelby Cobra.
CEO Chrysler, Lee Iacocca, menyetujui proyek tersebut, dan dunia pertama kali melihat Dodge Viper sebagai konsep di acara otomotif Detroit pada tahun 1989. Meskipun Carroll Shelby, pendiri Cobra, terlibat dalam proyek ini, perannya hanya sebatas membantu mempublikasikan dan memasarkan mobil tersebut.
Pada tahun 1992, Viper RT/10 produksi dipamerkan di acara otomotif Detroit dengan desain yang tetap sesuai dengan konsep sebelumnya. Dengan mesin V-10 8.0 liter yang menghasilkan tenaga 400 hp dan torsi 465 lb-ft, yang dikembangkan bersama oleh Chrysler dan Lamborghini, transmisi manual enam percepatan, dan nyaris tanpa kenyamanan (Viper tidak dilengkapi jendela samping kaca, AC, kontrol stabilitas, ABS, atap, dan pegangan pintu eksterior), Viper menjadi mobil olahraga nakal baru untuk era 1990-an. Akselerasi dari 0 hingga 60 mph hanya membutuhkan waktu 4,2 detik, jauh lebih cepat daripada Chevrolet Corvette standar atau Porsche 911 Carrera 2 yang baru, dan kecepatan maksimumnya mencapai lebih dari 160 mph.
Generasi Kedua
Generasi kedua Dodge Viper hadir pada tahun 1996, dengan sedikit tune-up yang dilakukan pada roadster RT/10. Tenaga meningkat menjadi 410 hp dan torsi 488 lb-ft di pertengahan tahun model ’96, dan hardtop fiberglass ditambahkan sebagai pilihan, sementara knalpot keluar samping digantikan dengan desain knalpot belakang konvensional.
Berita besar datang dengan hadirnya coupe Viper GTS pada akhir tahun 1996. Sama seperti roadster, coupe ini mengambil inspirasi dari desain Shelby Daytona Coupe. GTS masih merupakan mobil yang ganas dan menghasilkan lebih banyak tenaga, dengan tenaga sebesar 450 hp dan torsi 490 lb-ft, tetapi juga dilengkapi kenyamanan seperti AC, pegangan pintu eksterior, jendela samping kaca listrik, dan airbag.
Tahun berikutnya, mesin yang lebih bertenaga, jendela samping kaca, dan airbag menjadi standar pada roadster juga.
Generasi Ketiga
Roadster Viper baru tiba untuk model tahun 2003 dengan nama Viper SRT-10. Dengan kontribusi dari divisi performa Chrysler, SRT, hanya model roadster yang ditawarkan pada awalnya. Desainnya lebih tajam dibandingkan dengan Viper generasi pertama dan kedua yang berbentuk melengkung. Mesin V-10 tetap digunakan, dengan kapasitas ditingkatkan menjadi 8.3 liter dan bobot dikurangi, menghasilkan tenaga 500 hp dan torsi 525 lb-ft. Secara keseluruhan, Viper ini sedikit lebih besar dari pendahulunya, tetapi juga lebih ringan beberapa ratus pon.
Coupe Viper SRT-10 hadir pada tahun 2005 dengan peningkatan tenaga lagi, mencapai 510 hp dan torsi 535 lb-ft.
Baca juga: Sejarah Nissan Skyline Hingga GT-R
Generasi Keempat
Seperti yang dapat diketahui dari sejarahnya, peningkatan tenaga adalah kunci untuk generasi keempat Dodge Viper. Pada tahun model 2008, Viper lahir kembali dengan mesin V-10 8.4 liter yang menghasilkan 600 hp dan torsi 560 lb-ft dengan revisi yang luas pada kepala silinder, termasuk katup pengatur waktu variabel dan sistem throttles ganda.
Transmisi manual enam percepatan baru, suspensi yang direvisi, differential terbatas-slip, dan perbaikan lainnya mulai mengubah fokus Viper dari mobil mainan berkekuatan tinggi menjadi mobil performa yang lebih terfokus. Untuk menekankan poin ini, Viper ACR yang lebih bertenaga mencatat rekor lap time di Nürburgring sebelum Dodge mengumumkan penghentian produksi pada tahun 2010.
Generasi Kelima
Meskipun ada indikasi sebaliknya, generasi kelima Viper baru ditunjukkan kepada dealer dan VIP pada akhir tahun 2010, meskipun mobil produksi baru ini baru diungkapkan di acara otomotif New York pada tahun 2012 untuk model tahun 2013.
Meskipun tetap menggunakan mesin V-10 8.4 liter, yang menghasilkan tenaga 640 hp dan torsi 600 lb-ft, hampir semua hal lainnya mengalami perubahan, dengan adanya transmisi manual enam percepatan baru, panel bodi yang diperbarui dari serat karbon dan aluminium, dan terakhir, kontrol stabilitas elektronik dan kontrol traksi.
Waktu 0-60 mph Viper ini turun menjadi 3,5 detik, dan kecepatan maksimum akhirnya melampaui 200 mph. Pada tahun 2015, tenaga kembali ditingkatkan menjadi 645 hp. Meskipun memiliki lebih banyak kemampuan dan kecanggihan daripada sebelumnya, Viper generasi kelima tidak laku terjual dengan baik, sehingga dihasilkan banyak model edisi khusus.
Generasi Terakhir
Pada tahun 2017, Viper kembali dihentikan, dengan alasan yang diumumkan bahwa tidak mungkin memasang airbag samping yang sekarang menjadi wajib pada platform saat itu. Dodge hanya memproduksi 50 unit Viper SRT 10 Final Model.
Dodge menyediakan tiga varian yaitu coupe, roadster dan American Club Racer (ACR). Semua variannya memiliki cat dengan abu-abu gelap Graphite Clear Coat dengan sentuhan striping merah.
Baca juga: Sejarah Lamborghini: Dari Traktor Hingga Jadi Mobil Sport Kelas Dunia
Sumber: dari berbagai sumber.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.