Peraihan penjualan tertinggi di segmen “Muscle Car” tahun 2021 merupakan salah satu pencapaian yang tidak terduga bisa diraih oleh Dodge.
Autos.id – Dodge Challenger akhirnya kembali menjadi penguasa pasar segmen mobil “Muscle Car” di Amerika. Perusahaan ini membutuhkan waktu hingga 13 tahun untuk bisa kembali menjadi raja segmen “Muscle Car” dinergeri Paman Sam tersebut.
Selama ini pasar mobil “Muscle Car” hanya dikuasai oleh Ford Mustang dan Chevrolet Camaro selama bertahun-tahun.
Penjualan Mengalahkan Mustang dan Camaro
Seperti yang diberitakan oleh Jalopnik, selama tahun 2021 kemarin, Dodge Challenger berhasil menjual sebanyak 54.314 unit ke seluruh Amerika. Angka ini mengalahkan penjualan Ford Mustang yang terjual sebanyak 52.414 unit. Sedangkan Chevrolet Camaro sendiri hanya terjual sebanyak 21.893 unit selama tahun 2021 kemarin.
Peraihan ini tentu sangat menggembirakan bagi Dodge. Pasalnya butuh waktu selama 13 tahun bagi brand ini untuk menguasai pasar mobil “Muscle Car” di negara tersebut. Terlebih bagi CEO Dodge Tim Kuniskis menyebutkan bahwa Dodge tidak menargetkan penguasaan pasar mobil “Muscle Car” tersebut.
Ia menyebutkan bahwa apa yang didapat Dodge Challenger diluar ekspektasi mereka. Tim Kuniskis menyebutkan bahwa ini merupakan kado manis bagi Dodge untuk memulai tahun baru 2022 ini. Ia menyebutkan bahwa awal tujuan lahirnya Dodge Challenger ini bukan untuk menandingi Ford Mustang dan Chevrolet Camaro.
Karena menurutnya, Dodge Challenger memiliki beberapa perbedaan yang cukup besar dibandingkan Ford Mustang maupun Chevrolet Camaro. Namun Tim Kuniskis tidak memberikan secara spesifik perbedaan besar yang membuat Challenger berbeda jauh dengan Mustang dan Camaro yang memang menjadi penguasa pasar di segmen ini.
Namun seperti yang diberitakan Jalopnik, pemilik salah satu dealer Dodge di Las Vegas, John Grant menyebutkan bahwa Dodge Challenger selama tahun 2021 sangat digemari karena adanya layanan personalisasi. Yang dimaksud dengan personalisasi adalah para pemilik Challenger bisa mengganti beberapa part dan aksesoris yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
“Misalnya saja dengan mengganti jok mobil, mengganti stir hingga mengganti warna eksterior mobil sesuai yang konsumen inginkan. Hal ini yang membuat Dodge Challenger menjadi pilihan yang menarik dan tidak dimiliki oleh kompetitor sekelasnya di segmen ‘Muscle Car’,” tambah John Grant. Bagaimana untuk tahun 2022 ini, apakah Challenger akan mempertahankan statusnya sebagai mobil “Muscle Car” terlaris ditahun ini?
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.