Selain akan menghadirkan mobil entry-level, BMW juga tetap bertahan dengan segmen mobil compact yang justru ditinggalkan oleh pesaingnya, Mercedes-Benz.
Autos.id – Dua raksasa pabrikan otomotif asal Jerman, yaitu BMW dan Mercedes-Benz, jadi beberapa pabrikan yang rajin memproduksi mobil premium. Meskipun lebih populer dengan produk premium dengan harga yang mahal, nyatanya kedua pabrikan ini juga menghadirkan produk mobil entry-level dengan harga yang terjangkau meskipun pasarnya memang tidak begitu besar.
Meskipun begitu BMW tetap berkomitemen untuk tetap menghadirkan produk mobil dengan harga yang terjangkau.
Tetap Mempertahankan Segmen Mobil entry-level
Dikutip dari Reuters, CEO BMW, Oliver Zipse dalam acaea Bosch Auto Suppliers Event menyebutkan meskipun pasar entry-level di BMW tidak begitu besar, ia masih yakin akan potensi dengan segmen mobil dengan harga terjangkau. Terlebih, BMW juga sudah memiliki pakem bisnis yang dirasa bisa mengakomodir segmen mobil entry-level.
Zipse menyebut bahwa apa yang dilakukan oleh BMW sedikit berbeda bila dibandingkan langkah yang diambil rival utama mereka, Mercedes-Benz. Mercy sendiri menyatakan bahwa fokus mereka akan menghadirkan produk mobil yang memiliki segmen pasar high-end dan harga yang mahal. Mercy sendiri sudah menghentikan berbagai produk mobil entry-level karena peralihan fokus ke segmen mobil high-end.
BMW menyebut nantinya mobil entry-level mereka akan menggunakan mesin dan drivetrain yang lebih ramah lingkungan. Misalnya seperti mobil Hybrid, PHEV, hingga mobil listrik murni yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, langkah yang BMW lakukan ini bukanlah tanpa hambatan dan tantangan.
Karena dalam pengembangannya, drivetrain ramah lingkungan harus bisa memaksimalkan harga bahan baku yang dibuat lebih terjangkau serta bisa digunakan oleh konsumen entry-level. Selain itu, penggunaan drivetrain elektrifikasi yang ramah lingkungan juga membutuhkan kapasitas tempat yang lebih besar dan mungkin sulit untuk diimplementasikan di mobil entry-level yang rata-rata berukuran compact.
Saat ini, ada beberapa mobil BMW entry-level yang dijual di Indonesia seperti BMW 2 Series hingga X1. Dua unit ini dijual dengan harga paling murah diantara 600 hingga 700 jutaan Rupiah.Khusus untuk X1 sendiri, generasi terbarunya sudah hadir di pasar global dan mungkin tidak lama lagi akan segera mengaspal di Indonesia.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.