Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Belanja Iklan TV, Nissan Gelontorkan Dana Rp 12,44 Miliar

Pemilu dan juga penantian Penghitungan suara Pemilu ditengarai sebagai penyebab penurunan belanja Iklan TV 

Jakarta, Autos.id  — Pameran otomotif Telkomsel IIMS 2019 yang berlangsung pada 25 April-Mei 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Dengan mengambil periode atmosfer IIMS 2019, yakni dari 25 April-5 Mei 2019, belanja iklan televisi industri otomotif – mobil dan motor – maupun jumlah iklan yang ditayangkan di televisi justru mengalami penurunan dibandingkan IIMS 2018.

Hasil monitoring yang dilakukan Adstensity, produk monitoring iklan televisi milik PT SIGI Kaca Pariwara, menemukan pada periode Telkomsel IIMS 2019, belanja iklan televisi sektor otomotif tercatat mencapai Rp 49,14 miliar atau turun sebesar 37,30% dari belanja iklan pada periode IIMS 2018 yang mencapai Rp 78,70 miliar.

Penurunan ini ditengarai faktor berhati-hatinya para pelaku industri otomotif dalam berbelanja iklan terkait penyesuaian strategi penjualan produk dan penantian terhadap hasil perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu 2019) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Nissan Hadirkan All New Livina dan All New Serena Di Bali

Penurunan belanja iklan televisi IIMS 2019 ini bisa dimaklumi juga apabila merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) kuartal I-2019 menunjukkan penjualan mobil secara wholesale turun 13,07% year on year (yoy) dari 292.031 unit menjadi 253.863 unit.

Untuk kategori brand dengan dana belanja iklan tv terbesar pada IIMS 2019, All New Nissan Livina mengeluarkan belanja tertinggi dibandingkan dengan merek lainnya, yakni mencapai Rp12,44 miliar. Peringkat kedua adalah Yamaha NMax155 senilai Rp7,16 miliar dengan total 175 iklan. Sedangkan peringkat ketiga adalah Yamaha Lexi dengan total belanja iklan Rp5,76 miliar.

Jika dilihat dari jumlah (kuantitas) iklan otomotif, selama periode IIMS 2019 terdapat 1.574 iklan atau turun 41,66% dari total iklan pada IIMS 2018 yang tercatat sebanyak 2.698 iklan. Untuk brand yang paling banyak beriklan di televisi pada periode acara IIMS 2019 adalah All New Nissan Livina dengan total 537 iklan. Yamaha Lexi merupakan yang tersering kedua muncul dengan 175 iklan. Selanjutnya, Yamaha Nmax dengan 126 iklan menempati peringkat ketiga.

Nissan Perkenalkan All New Livina Dan All New Serena Di Pekanbaru

Pada IIMS 2019 Belanja Iklan Industri otomotif dan sub-industri mobil mencapai Rp26,38 miliar. Nissan Motor Indonesia paling banyak belanja iklan dengan Rp12,44 miliar, kemudian Mitsubishi Motors Indonesia Rp4,59 miliar. Di posisi ketiga ada Wuling Motor Indonesia Rp3,76 miliar. Posisi keempat Suzuki Indomobil Motor Rp2,48 miliar dan Isuzu Astra Motor Indonesia dengan total belanja iklan TV Rp2,31 miliar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Mengikuti jejak kesuksesan All-New Nissan Livina, Nissan memperkenalkan Nissan Livina dengan Sporty Package yang hanya diproduksi 100 unit Jakarta, Autos.id  –  Nissan Indonesia hari...

Mobil

Last updated on 21 Februari, 2019 Nissan sepertinya tidak ingin melewatkan momen tahun baru dengan percuma. Hari ini, bertempat di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat,...

error: Content is protected !!