Last updated on 18 Juli, 2022
Asia Cross Country Rally 2022 rencananya akan digelar di Thailand
Tokyo, Autos.id – Mitsubishi Motors mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi Ralliart, yang akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022, bersama dengan tim pendukung teknis dari Mitsubishi Motors’, telah melakukan rangkaian uji coba ketahanan dari mobil reli Triton di rute jalan raya dan off-road di Thailand pada 27 – 29 Juni 2022, serta mengonfirmasi bahwa berbagai persiapan terkait perlombaan berjalan lancar.
Tes ketahanan dilakukan pada mobil yang dikondisikan dengan beban dan kapasitas tinggi, serupa dengan yang diperkirakan dalam reli dan berfokus terutama pada keandalan dan daya tahan sasis dan mesin.
Untuk menguji performa mobil reli di lingkungan yang mirip dengan lintasan sebenarnya, tim tersebut menggunakan lintasan 10 kilometer yang menggabungkan rentang kecepatan tinggi, jalan berkerikil kasar, dan lintasan hutan sempit yang berkelok-kelok.
“Karena Triton memiliki rangka sasis yang kuat dan performa handling yang sangat baik, kami memutuskan untuk mengurangi bobot kendaraan secara minimal untuk modifikasi reli sambil memanfaatkan kekuatan aslinya sebanyak mungkin,” ungkap Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart. “Setelah menempuh lebih dari 800 kilometer dalam dua hari, mobil reli menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang tes ketahanan yang berat sesuai yang kami harapkan, dan sekarang kami yakin bahwa persiapan kami berada di jalur yang tepat,” Masuoka menambahkan.
AXCR adalah reli lintas alam yang sangat berat, dengan rute sepanjang 2.000 kilometer melalui medan alam yang unik di Asia Tenggara. AXCR biasanya diadakan pada bulan Agustus setiap tahunnya, namun balapan dibatalkan pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19. Tahun ini, tanggal reli diundur menjadi 21 – 26 November, dengan rute yang akan dimulai di Buriram, sebelah timur laut Thailand sebelum menyeberang ke Kamboja, dan berakhir di situs Warisan Dunia Angkor Wat.
Gambaran Mobil Reli Triton
Mobil reli Triton diklasifikasikan sebagai sebuah mobil reli Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) yang digolongkan pada Group T1 (prototype kendaraan lintas alam). Berdasarkan spesifikasi model kabin ganda Thailand, kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya telah dibuat menjadi ringan.
Sedangkan bodi mobil telah diperkuat dengan roll cage dan underguard. Suspensi mobil yang dikhususkan untuk reli ini memberikan karakteristik handling yang luar biasa, sedangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang, ban off-road berdiameter besar, dan velg ringan, secara dramatis meningkatkan handling di permukaan jalan yang kasar.
Penyetelan mesin diesel turbo 2,4 L difokuskan untuk mereduksi friction loss dan bobot, serta meningkatkan respons pada rentang kecepatan sedang yang sering digunakan dalam reli. Beberapa tahapan AXCR akan meliputi aksi menyeberangi sungai, sehingga modifikasi kedap air juga telah ditambahkan, seperti penyegelan yang lebih kuat dan snorkel saluran masuk udara.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.