Last updated on 10 Oktober, 2022
Hino serah terimakan unit secara simbolis Hino Bus RK260 yang menggunakan bodi dari karoseri Adiputro
Jakarta, Autos.id – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) secara simbolis melakukan acara serah terima Hino Bus yang telah selesai dibuat bodinya di karoseri Adiputro kepada PO. Efisiensi dan PO Subur Jaya. Hino serah terimakan unit secara simbolis Hino Bus RK260 yang menggunakan bodi dari karoseri Adiputro, Jetbus 3+ MHD yang menghadirkan ekstra kenyamanan bagi penumpang.
Penyerahan simbolis melalui serah terima mockup kunci bis diwakili oleh Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI kepada Teuku Ery selaku owner PO Efisiensi dan Agus Tjahyana, owner PO Subur Jaya. Handover Ceremony dilakukan di booth karoseri Adiputro dalam gelaran Busworld South East Asia 2022 di JI Expo Kemayoran yang digelar dari 5 – 7 Oktober 2022.
“Kami sangat berterima kasih kepada PO Efisiensi dan PO Subur Jaya yang selalu loyal menggunakan Hino Bus sebagai armada utama bisnisnya. Bus RK260 sendiri merupakan rajanya bus di Indonesia, dan merupakan favorit para pengusaha PO Bus karena memang mesinnya yang andal dan mudah dalam perawatan”, ungkap Tomoki Hattori, Direktur HMSI.
Hino selalu menjadi pilihan utama para perusahaan otobus baik itu melayani bis pariwisata, bis antar kota antar propinsi (AKAP), maupun bis transportasi untuk dalam kota. Hal ini dapat dibuktikan melalui data Gaikindo per Agustus 2022, Hino berhasil menguasai 53% market share bus besar dan menjadi market leader di Indonesia.
Khusus Euro4 sekarang ini, Hino memiliki line up terdiri dari AK 240 yang bermesin depan, RK yang merupakan model terlaris Hino dan yang terbaru ada RM 280 yang memiiliki keunggulan utama menggunakan wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang dan sasis space frame untuk desain bagasi yang tembus dengan kapasitas volume ±9.000 liter.
Untuk lineup terbaru Bus Euro4, Hino memiliki pembaruan. Dimana semua line up Hino Bus besar turut menggunakan 10 baut roda sistem iso sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan serta lebih mudah dalam perawatan. Pada bus Euro4, Hino turut mengembangkan piston engine dengan material terbaru, yaitu Ferrum Casting Ductile (FCD) dengan tetap mempertahankan keunggulan oil gallery yang digunakan untuk piston engine J08E Euro4.
Piston FCD dan oil gallery tersebut, mempunyai ekspansi termal yang lebih kecil sehingga cocok digunakan pada angkutan jarak jauh nonstop. Selain itu, pada bus Hino kini terdapat juga overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.
“Dengan berbagai pengembangan Hino Bus Euro4 semakin menambah keuntungan bagi para pengusaha bus. Karena Hino Bus sudah terbukti sangat efisien dan ekonomis dalam perawatan, serta suku cadang yang mudah didapat. Sehingga bisnis menjadi sangat menguntungkan,” tutup Hattori.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.