Diantara harga mobil Bugatti yang mahal dan produksi yang sangat terbatas, kebanyakan dari kita tidak mungkin memiliki mobil yang dibuat di pabrik Molshiem yang terkenal tersebut.
Autos.id – Namun, tidak ada yang bisa menghentikan mimpi seseorang. Dengan berbekal kemampuan las, YouTuber Vietnam NHẾT TV membuat sesuatu yang mengingatkan kita pada salah satu produk keluaran Bugatti. Para perakit asal Vietnam ini telah pekerja keras membangun sendiri Bugatti Chiron. Memang, mobil kw ini mungkin tidak akan menipu mata penggemar yang berjarak kurang dari 100 kaki. Namun, mengigat mobil ini dirakit full dari bawah ke atas secara otodidak, hasilnya bisa dibilang lumayan.
Langkah pertama yang mereka lakukan adalah membangun rangka baja mengikuti garis bentuk dasar kendaraan. Semuanya dilas bersama-sama dari material yang relatif ringan.
Pita perekat kemudian dililitkan di sekitar bingkai untuk membuat alas di mana tanah liat dapat diaplikasikan untuk membentuk garis dan lekukan mobil. Setelah banyak pekerjaan, plester dipasang di atas model tanah liat, lalu dipasangkan dengan rangka baja untuk menyatukannya, dan tanah liat kemudian dilepas, meninggalkan cetakan plester raksasa di belakang.
Cetakan plester kemudian dilapisi fiberglass secara internal yang meninggalkan cangkang fiberglass untuk membentuk badan mobil. Cangkang ini kemudian dipasang pada sasis baja yang lebih kuat sehingga dirancang untuk benar-benar dikendarai. Yang menarik, para perakit ini tidak memakai masker las sama sekali. mereka menggunakan tangan mereka sendiri sebagai perisai dari percikan api.
Sasis mendapat suspensi A-arm sederhana di depan yang dalam banyak hal mirip dengan mesin original milik NA Mazda Miata. Bagian belakang dipasang setup 5-link dengan shock yang dipasang di lokasi internal. Perangkat ini diambil dari Toyota empat silinder tua yang dipasang dalam konfigurasi mesin tengah. Karburator disegarkan dengan pembersihan yang bagus dan sentuhan cat perak. Sepanjang pembuatan, semua jenis teknik yang digunakan sangatlah sederhana.
Bodi akhirnya dipasang di mobil dengan ditambah banyak sentuhan akhir. Kisi-kisi mendapat panel mesh, sementara diffuser belakang dan outlet knalpot disesuaikan agar tampil mirip dengan Chiron. Bahkan ada panel palsu yang dipasang di dek belakang untuk meniru mesin W16 yang terlihat pada desain Chiron asli. Mobilpun selesai dalam skema cat yang mendekati warna klasik Bugatti yaitu biru-hitam.
Seperti yang diharapkan, pengalaman berkendara jelas berada di bawah Bugatti Chiron yang asli. Dengan perkiraan, peforma hanya mencapai 100 tenaga kuda dan sangat kaku. Bahkan, bisa dibilang lebih mirip Bugatti tahun 1930-an daripada Bugatti modern. Namun, ini bisa jadi contoh tentang apa yang dapat dicapai oleh tim perakit DIY hanya pada jangka waktu 1 tahun. Sebenarnya, pekerjaan serupa juga pernah dilakukan. Namun, kali ini kita dapat melihat prosesnya dari awal sampai akhir.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.