Connect with us

Hi, what are you looking for?

Honda

Tips Merawat V-belt Motor Skutik

Last updated on 16 Agustus, 2023

Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.

Jakarta, Autos.id  –  Kemudahaan pengoperasian skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini banyak diminati oleh masyarakat. Dibalik kemudahannya, kita juga perlu mengetahui bagaimana perawatan dari tipe motor terlaris ini, salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (V-belt). Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.

Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun penggunaan setiap pengendara berbeda-beda. Lantas bagaimana cara agar v-belt skutik kita tetap awet?

Berikut tips merawatnya dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM):

  1. Rutin Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian. Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

  1. Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesoris Balap

Meskipun aksesoris balap dapat membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.

Baca juga: Penyebab Motor Matic Gredek dan Solusinya

v-belt motor matic

  1. Penggunaan Skutik Secara Normal

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik anda.

Technical Service Division AHM Endro Sutarno mengatakan v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.

“V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” pungkas Endro.

Baca juga: Jangan Sembarangan Modifikasi Kartel Mangkok CVT, Begini Risikonya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Honda

Jakarta, Autos.id  –  PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New Honda PCX160 dengan tampilan perubahan menyeluruh pada sisi design, New Honda PCX160 mampu meningkatkan...

Motor

Cikarang, Autos.id  – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan generasi terbaru dari salah satu skutik terlarisnya New Honda Scoopy. Karakter skutik unik dan fashionable...

Motor

Jakarta, Autos.id  –  Sepeda Motor Honda, bukan hanya disukai para pecinta motor di tanah air, tetapi juga diminati oleh luar negeri. Hal ini terlihat...

Motor

Jakarta, Autos.id  – PT Astra Honda Motor (AHM) secara perdana menampilkan Honda ICON e: dan Honda CUV e: ke masyarakat Indonesia melalui gelaran Indonesia...

error: Content is protected !!