Belum lama ini, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja merilis data penjualan dari periode Januari – Agustus 2018. Dalam kurun waktu delapan bulan, Sigra masih menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu.
Autos.id – Memasuki bulan September, Daihatsu kembali mencatat angka penjualan yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dari data penjualan yang tercatat pada periode Januari-Agustus 2018.
Penjualan Daihatsu pada sisi retail sales meraih angka total sebesar 128.526 unit, yang berarti naik sekitar 8%. Sedangkan pada sisi wholesales menyentuh angka 130.403 unit, atau naik tipis 5% dibandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu.
Sampai saat ini, penjualan retail sales masih di dominasi oleh Sigra dengan pencapaian sebanyak 31.813 unit atau berkontribusi sebesar 25%. Diikuti oleh Gran Max pick-up yang menyentuh 26.457 unit (21%), dan Xenia 21.758 unit (17%).
Tak ingin ketinggalan, Terios terus memberikan kontribusi signifikan dengan kenaikan lebih dari 2 kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 18.781 unit (15%).
Selain itu, Ayla juga memberikan kontribusi 15.809 unit (12%), disusul Gran Max minibus 10.132 unit (8%), serta line-up Daihatsu lainnya seperti Luxio, Sirion, dan Hi-Max dengan total sebanyak 3.776 unit (3%).
Pada sisi wholesales, Sigra tetap memimpin penjualan produk Daihatsu dengan jumlah 32.636 unit (25%), diikuti dengan Gran Max pick-up sebesar 27,330 (21%), dan Xenia dengan perolehan 20.084 unit (15%).
Kemudian tiga mobil yang menjadi volume maker Daihatsu, yakni Terios juga menyusul dengan raihan 18.735 unit (14%), Ayla 17.631 unit (14%), dan Gran Max minibus mengikuti dengan jumlah 10.405 unit (8%). Mobil-mobil Daihatsu lainnya seperti Luxio, Sirion, dan Hi-Max berkontribusi total sebesar 3.582 unit (3%).
Berkaca dari data penjualan tersebut, dapat dibilang kalau Sigra sudah menjadi produk terlaris Daihatsu sejak tahun lalu. Karena pada periode yang sama di 2017, penjualan retail dan wholesales Daihatsu juga dipimpin oleh Sigra.
Pada Januari – Agustus 2017, Daihatsu Sigra berhasil mencatat angka penjualan retail sebanyak 30.560 unit. Sementara dari segi wholesales, Sigra sukses menorehkan angkan penjualan sebanyak 28.293 unit.
“Kami bersyukur atas kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu. Kami terus berusaha untuk menyeimbangkan kuantitas demand dan supply, serta berkomitmen untuk terus memberikan kualitas terbaik untuk seluruh sahabat Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam siaran pers.
Baca juga: http://autos.id/2018/09/27/palangkaraya-jadi-destinasi-ke-12-kontes-modifikasi-daihatsu/
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.