Di ranah sepeda motor, BMW memang mempunyai beberapa motor sport yang masuk ke dalam segmen superbike. Tak lama lagi, mereka akan punya motor sport yang ekonomis dari segi harga.
Autos.id – Belum lama ini, BMW Motorrad menampilkan sebuah motor sport konsep di Jepang. Motor itu dinamai G310 RR. Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu apa basis dari motor ini. Ya, BMW G310 RR adalah versi full fairing dari G310 R yang merupakan motor berjenis naked bike.
Karena merupakan versi G310 R yang lebih sporti, otomatis G310 RR akan memakai mesin berkapasitas 313 cc satu silinder yang bertenaga 32 dk di 9,500 rpm, dan torsi 28 Nm pada 7,500 rpm. Itu adalah mesin dengan besaran tenaga dan torsi yang identik dengan yang digunakan oleh BMW G310 R dan TVS Apache RR 310.
Ternyata kesamaan antara BMW G310 R dengan G310 RR tidak hanya terletak di segi mesin, sasisnya pun juga demikian. Tapi untuk menyesuaikan bobot dan konfigurasi mesin pada G310 RR, BMW pun melakukan beberapa revisi pada sasis ini.
Bagian pengereman pada BMW G310 RR dan G310 R ternyata juga tak ada bedanya. Yakni memakai cakram berukuran 300 mm dengan 4-piston fixed calliper di depan. Sementara cakram di belakang mempunyai ukuran 240 mm dengan single-piston floating calliper.
Demi memperkuat unsur sporti, fascia depan dan fairing BMW G310 RR dibuat mirip dengan S1000RR yang merupakan superbike andalan pabrikan asal Jerman ini.
Mengutip laman auto.ndtv.com, bodi BMW G310 RR dibuat dengan menggunakan material karbon fiber. Pemakaian material tersebut pastinya akan membuat bobot BMW G310 RR jadi lebih ringan, sehingga pastinya akan berpengaruh pada power to weight ratio yang baik.
Hingga saat ini, belum ada bocoran soal berapa harga jual dari BMW G310 RR. Namun jika bicara siapa motor yang akan jadi lawan untuk G310 RR, maka jawabannya adalah Kawasaki Ninja 300.
BMW G310 RR rencananya akan ditampilkan pada gelaran EICMA Motorcycle Show di Milan, Italia, yang berlangsung dari 6 – 11 November 2018 mendatang.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.