Setelah dirumorkan memiliki logo baru, akhirnya Formula 1 meluncurkan logo tersebut setelah Grand Prix Abu Dhabi.
Abu Dhabi, autos.id – Pihak Formula 1 resmi meluncurkan logo baru olahraga tersebut, dan menjelaskan mengapa balap grand prix ini harus mengganti tanda yang telah menjadi ikon selama 23 tahun terakhir.
Tak lama setelah perayaan podium untuk balapan terakhir musim ini di Abu Dhabi, F1 mengungkapkan desain baru yang jauh lebih sederhana dan akan digunakan sejak dimulainya musim 2018.
Pimpinan komersial F1, Sean Bratches, mengatakan bahwa keputusan untuk mengganti logo diberlakukan karena desain lama tidak berguna untuk platform digital modern atau barang dagangan.
Dan dia mengatakan bahwa balap grand prix harus mengikuti contoh brand dunia lainnya – seperti Coca-Cola – yang telah menyederhanakan brand mereka untuk memanfaatkan era digital dengan lebih baik.
“Anda tidak bisa menjahit logo chevron lama dengan benar. Sejumlah brand, terutama di zaman sekarang ini, mencoba menyederhanakan tanda mereka untuk memasuki ruang digital,” kata pimpinan komersial F1, dikutip Motorsport (26/11/2017).
“Lihatlah Starbucks atau Coca-Cola yang telah menghilangkan kondensasi dari logo mereka untuk masuk ke era digital. Kami harus melangkah lebih jauh dan benar-benar memperlengkapi posisi kami secara konsisten.”
Mobil balap
Pimpinan pemasaran F1, Ellie Norman, mengatakan desain logo didasarkan pada dua mobil yang mengelilingi sirkuit dan berjuang untuk mencapai garis finish.
“Dibutuhkan inspirasi dari bentuk mobil yang low profile, dengan dua mobil melintasi garis finish,” katanya. “Ini sangat berani dan sederhana, jadi saat kami menerapkannya di pasar saat ini dan menjadi lebih mobile dan digital led, kami memiliki fleksibilitas yang lebih banyak dengan logo ini.”
Meski logo lama F1 menjadi ikon karena angka ‘1’ tersembunyi, Bratches mengatakan bahwa itu sebenarnya terlalu “halus” bagi banyak orang.
“Kami memegang teguh tanda incumbent,” dia menambahkan. “Logo ini melayani F1 dengan sangat baik selama 23 tahun terakhir, namun dalam hal di mana kami menjalankan bisnis dan visi bisnis, angka 1 di logo lama tidak benar-benar sesuai dengan era digital
“Jika saya memiliki jajak pendapat mengenai jumlah orang yang telah saya temui dan mendiskusikannya sejak saya tiba di sini, banyak dari mereka telah bertahun-tahun berlalu tanpa memahami ruang tak terlihat antara kiri dan kanan yang sebenarnya adalah angka ‘1’.
“Jadi kami ingin tetap sederhana dan jelas, itu penting untuk ruang digital.”
https://twitter.com/F1?ref_src=twsrc%5Etfw&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.motorsport.com%2Ff1%2Fnews%2Fnew-formula-1-logo-revealed-983091%2F
Peluncuran ulang F1
Logo baru akan menjadi panggung utama pada peluncuran ulang merek F1 secara penuh jelang Grand Prix Australia 2018.
Bratches menambahkan: “Kami akan meluncurkan kembali merek tersebut, dan kami akan memperkenalkan paket grafis baru untuk produksi televisi kami. Kami akan menguraikan konsep produksi baru, mengungkap platform web responsif baru, kemampuan sosial baru, platform OTT live dan non-live.”
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.