Review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia berhasil menyimpulkan jika raksasa Chevrolet ini memiliki tenaga dan fitur yang berlimpah dengan harga yang paling rendah.
Jakarta, Autos.id – Gede Banget! Yes, dua kata itu yang menjadi ekspresi tim Autos.id kala akan beranjak untuk melakukan review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia.
Walaupun namanya memakai kata “All New”, namun sebenarnya mobil ini bukan total baru. Hanya sekedar major change, namun dengan penambahan elemen-elemen baru yang tidak bisa dibilang sedikit. Lalu bagaimana sensasi mengemudikan raksasa berkelir merah ini? Berikut rangkuman hasil review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia.
Eksterior
Secara garis besar sebenarnya profil bodi All New Trailblazer masih serupa dengan model sebelumnya. Namun kalau dilihat memang parasnya jauh berbeda. Terlebih lagi pada bagian muka. All New Trailblazer kini pakai gril depan yang lebih tegas, lalu lampu utamanya juga berubah dan kini disusupi Daytime Running Light (DRL). Menggunakan lampu jenis LED, lampu ini akan menyala ketika kunci di kontak.
Selanjutnya bentuk bumper depan juga berubah, dan kap mesin juga kini tampak lebih kokoh. Kami menilai jika Chevrolet ingin membawa kejayaan mereka sebagai produsen Muscle Car. Sehingga wajah All New Trailblazer begitu kental dengan nuansa American Muscle Car.
Hal berbeda selanjutnya ada pada bentuk pelek, kemudian door handle yang diberi aksen krom, serta lampu stop belakang yang sekarang pakai LED. Bentuk bumper belakang juga sedikit direvisi yang tak lupa dibekali juga dengan sensor parkir serta kamera mundur.
Interior
Selain parasnya yang banyak berubah, layout dashboard juga berubah total. Bentuknya lebih modern dan menggunakan material yang cukup berkualitas. Bentuk lingkar kemudinya memang tak jauh berbeda, tetapi instrument panel untuk pengemudi sudah berubah total. Bahkan di monitor ini tersaji informasi yang cukup lengkap tentang kendaraan tersebut. Mulai dari jarak tempuh, suhu mesin, jadwal servis, sampai seting tekanan angin ban sesuai dengan jumlah muatan mobil.
Kemudian yang berbeda juga ada pada bagian tengah dashboard. Kalau dulu Trailblazer tampil dengan panel model lingkaran, kini sudah berubah jadi jauh lebih modern. Pada bagian tengah ada monitor layar sentuh 8 inci yang sudah menggunakan fitur MyLink sehingga sanggup terkoneksi dengan perangkat berbasis Apple.
Lalu di bagian bawahnya ada pengaturan AC yang juga sudah Dual Zone dan Auto Climate. Dan di bawahnya lagi ada tombol-tombol pengatur fitur, seperti Line Departure Warning, Hill Descent Control, serta Parking Sensor. Lalu kemudian ada juga dua soket charger 12V untuk mengisi daya ponsel. Serta bentuk tuas transmisi juga terlihat lebih elegan.
Semua jok sudah dilapis bahan kulit, namun motif yang diberikan terbilang sederhana sehingga tak menonjol kesan mewahnya. Untuk pengemudi, jok bisa diatur secara elektrik, sementara untuk kursi penumpang, belum. Untuk kursi baris kedua sudah dilengkapi ISOFIX untuk Anda membawa Car Seat bagi putra putri Anda. Sedangkan jok baris ketiga modelnya seperti “captain seat“, yakni terpisah antara jok kiri dan kanan, dan dibagian tengah diberi partisi berupa konsol.
Dimensi
Kami cukup kesulitan ketika melakukan review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia. Terutama saat harus keluar dari parkiran pusat perbelanjaan di Jakarta yang memiliki lahan cukup sempit. Bagaimana tidak, Mobil ini memiliki panjang mencapai 4,8 meter. lebarnya 2,1 meter, dan tingginya 1,8 meter. Karenanya kami menyebut sebagai Raksasa Chevrolet. Untuk naik ke kokpit All New Trailblazer pun harus meniti footstep yang sudah disediakan. Kemudian ketika keluar, harus sedikit melompat.
Namun dengan ground clearance hingga 221 mm, serta penggunaan ban ukuran 265/60 R18, maka mobil ini sudah sangat siap untuk menerjang medan-medan yang tak bersahabat. Satu yang disayangkan, mobil ini belum berpengegrak roda 4 Wheel Drive. Padahal kalau melihat kompetitornya, sudah menyediakan juga yang versi 4×4. Misalnya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4, dan Toyota Fortuner VRZ 4×4.
Mesin
Sang Raksasa menggunakan mesin 2.5L Duramax Diesel Common Rail Direct Injection. Mesin ini disandingkan dengan sistem Variable Geometry Turbocharger with Intercooler. Hasilnya tenaga yang sanggup digapai 180 hp pada 3.600 rpm dengan torsi puncak 440 Nm di 2.000 rpm.
Dibanding kompetitornya, Pajero Sport Dakar memiliki kekuatan 136 hp pada 4.000 rpm dan torsi 324 Nm di 2.000 rpm. Sementara Fortuner VRZ diesel tenaga puncaknya 149 hp pada 3.400 rpm dengan torsi 400 nm di 1.600-2.000 rpm. Secara data, artinya Trailblazer jauh diatas dua kompetitornya.
Tenaga yang berlimpah itu juga terasa sekali sejak pertama kaki penginjak pedal gas. Dengan bobot 2.023 kg, All New Trailblazer enteng saja untuk diajak berlari saat melaju di ruas jalan tol. Menggapai kecepatan 100 km/jam pun bukan perkara sulit bagi mobil ini.
Trailblazer memang tak memiliki paddle shift seperti Pajero Sport, hanya mempunyai transmisi 6 Speed Automatic with GM Tiptronic. Namun jujur saja fitur ini jarang kami gunakan selama melakukan review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia. Tenaganya yang berlimpah sejak putaran mesin bawah, menurut kami sudah bisa mengakomodir kebutuhan untuk pemakaian di dalam kota. Jika kami harus mendahului mobil lain ukuran besar, misal truk atau bus, saat di jalan menanjak, barulah kami geser tuas Triptonic tersebut.
Yang menyenangkan dari mobil ini selain tenaganya adalah sistem suspensi. Chevrolet membekalinya dengan suspensi model Independent with Coil Spring & Twin Tube Shock Absorber baik untuk bagian depan maupun belakang. Saat melakukan review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia, terasa sangat keras memang ketika menjajal duduk di bangku penumpang belakang. Tetapi ini memberikan efek mobil yang sangat menyenangkan utnuk dikendarai. Tidak ada gejala limbung yang amat berlebihan untuk mobil ukuran sebesar ini. Cuma, Kawan Autos kudu ambil ancang-ancang lebih jika harus melakukan U Turn. Karena bodi besarnya, harus beberapa kali maju mundur saat harus putar balik di jalan.
Fitur
Unit yang diberi pinjaman oleh General Motors (GM) Indonesia untuk Autos melakukan review All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia adalah tipe LTZ. Trailblazer LTZ adalah varian paling tinggi dari All New Trailblazer. Harganya Rp 463 juta, sedangkan varian yang lebih rendah, yaitu Trailblazer LT, harganya Rp 433 juta.
Dibandingkan Mitsubishi atau Toyota, varian paling mahal dari Pajero Sport yakni tipe Dakar 4×4 seharga Rp 660 juta, dan Rp 663 juta untuk yang warna White Pearl. Untuk Toyota, harga Fortuner paling tinggi dipegang tipe VRZ Diesel 4×4 yang harganya Rp 659 juta. Namun untuk yang tipe VRZ Diesel penggerak roda 4×2 harganya Rp 515 juta dan tipe TRD-nya Rp 527 juta.
Meski jauh lebih murah, namun All New Trailblazer punya fitur yang tak kalah lengkapnya. Dibagian luar ada LED DRL yang menyatu dengan lampu utama. Lampu utama ini juga sudah dilengkapi leveling untuk mengatur posisi pancaran cahayanya. Kemudian di dalam, ada monitor 8 inci yang memiliki fitur Apple Car Play. Lalu ada juga soket 12V baik di jok baris pertama maupun jok baris kedua.
Nah yang paling jumawa dari fitur All New Trailblazer adalah Remote Engine Start. Yes… Melalui remote anak kuncinya, Kawan Autos bisa menghidupkan mesin mobil ini dari jarak jauh tanpa harus masuk lebih dulu ke ruang kabin. Caranya tekan tombol Unlock + Lock lalu tahan tombol berbentuk setengah lingkaran pada remote kunci. Dalam beberapa detik maka mesin akan menyala.
Ketika mesin menyala maka posisi AC akan ada di Auto Climate On. Tapi perlu dicatat Kawan Autos, saat posisi ini, jangan khawatir mobil akan dicuri orang jahat. Karena meski mesin hidup, namun setir, transmisi dan fitur-fitur lainnya di kabin tak akan bisa diakses. Fitur ini hanya hidup untuk kebutuhan mendinginkan suhu kabin mobil. Jadi ketika mobil parkir di bawah terik matahari, Anda hanya tinggal mengaktifkan fitur ini, lalu beberapa saat kemudian suhu kabin akan kembali normal dan Anda siap berpergian kembali.
Spesifikasi
Tabel Spesifikasi All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia | ||
Spesifikasi | 2.5-liter Diesel LT 4×2 | 2.5-liter Diesel LTZ 4×2 |
Dimensi | ||
Panjang (mm) | 4887 | |
Lebar (mm) | 2132 | |
Tinggi (mm) | 1848 | 1852 |
Jarak Sumbu Roda (mm) | 2845 | |
Kapasitas Tangki BBM (liter) | 65 | |
Mesin | ||
Tipe | 2.5-liter Duramax Diesel Variable Geometry Turbocharged with Intercooler | |
Kapasitas (cc) | 2499 | |
Tenaga maksimum (hp/rpm) | 180/3600 | |
Torsi Maksimum (nm/rpm) | 440/2000 | |
Jenis Bahan Bakar | Diesel | |
Transmisi | ||
Tipe | 6 Speed Automatic with GM Tiptronic | |
Sasis | ||
Sistem Penggerak | Rear Wheel Drive | |
Suspensi Depan | Independent with Coil Spring & Twin Tube Shock Absorber | |
Suspensi Belakang | Independent with Coil Spring & Twin Tube Shock Absorber | |
Rem Depan | Ventilated Disk Brake | |
Rem Belakang | Disk Brake | |
Ukuran Ban | 255/65 R17 | 265/60 R18 |
Tipe Velg | Velg Alloy | |
Fitur | ||
Headunit | 7 inci | 8 inci |
Speaker | 4 | 7 |
Jok Pengemudi | Manual | Electric 6-way |
Jok Penumpang Depan | Manual | Manual |
Airbag Pengemudi | v | v |
Airbag Penumpang Depan | v | v |
Side Airbag | v | v |
Curtain Airbag | v | v |
Seatbelt Pengemudi | v | v |
Seatbelt Penumpang Depan | v | v |
Seatbelt Penumpang Belakang | v | v |
ISOFIX | v | v |
Immobilizer | v | v |
Remote Engine Start | – | v |
EPS | v | v |
ABS | v | v |
EBD | v | v |
Brake Assist | v | v |
Cruise Control | – | v |
Parking Sensor | v | v |
Parking Kamera | – | v |
HSA | – | v |
Hill Descent Control | – | v |
Lane Departure Warning | – | v |
Blind Spot Monitor | – | v |
Rear Cross Traffic Alert | – | v |
Forward Collision Alert | – | v |
Harga All New Chevrolet Trailblazer
Daftar Harga All New Chevrolet Trailblazer di Indonesia | |
All New Chevrolet Trailblazer LT | Rp 433.000.000 |
All New Chevrolet Trailblazer LTZ | Rp 463.000.000 |
* Harga tersebut adalah off the road Jakarta |
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.