Review Mitsubishi Xpander kali ini Autos akan menelisik lebih dalam tentang MPV yang paling populer selama berlangsungnya GIIAS 2017 di ICE BSD City 10-20 Agustus lalu.
Tangerang, Autos.id – Rasanya tidak terlalu berlebihan jika kami menyebut jika Mitsubishi Xpander adalah rajanya GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2017.
Bagaimana tidak, selama 10 hari pameran di ICE BSD City, Tangerang, lokasi dimana GIIAS 2017 dihelat, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah mengantongi 4.317 unit, atau berkontribusi 83,1% dari total penjualan Mitsubishi di GIIAS 2017.
Selain itu Xpander juga meraih perdikat “1st Winner Favorite Passenger Car” atau juara pertama kendaraan penumpang favorit dari ajang GIIAS 2017. Hal ini dikuatkan dengan total ada 1.276 pengunjung GIIAS 2017 yang ingin merasakan langsung bagaimana Next Generation MPV berlogo tiga berlian itu.
Karenanya kali ini kami akan mengupas lebih dalam tentang Xpander melalui Review Mitsubishi Xpander.
Eksterior
Hal paling utama yang akan Autos ulas pada rubrik Review Mitsubishi Xpander ini adalah bagian depannya. Mitsubishi merancnag Xpander dengan konsep desain “Dynamic Shield“. Kalau diperhatikan bentuknya mirip dengan Pajero Sport terbaru, karenanya banyak yang menyebut kalau Xpander adalah Baby Pajero. Gak salah memang, mengingat bahasa desain yang sama juga diterapkan pada Pajero tersebut.
Posisi lampu LED berada diatas, sejajar dengan kap mesin, sementara lampu utamanya terletak rendah di bumper. Menurut Mitsubishi ini untuk memaksimalkan visual pada kondisi jalan yang sulit. Sementara fender depan dibuat dengan ruang yang lebar terinspirasi dari DNA SUV yang selama ini kental dengan merek Mitsubishi.
Pada bagian sisi ada pelek 16 inci dengan finishing polish dan hitam. Sedangkan untuk tipe GLS dan GLX, peleknya pakai ukuran 15 inci dengan finishing silver. Kemudian pada pilar C menggunakan warna hitam sehingga menimbulkan kesan floating roof alias atap mengambang. Desain seperti ini sedang digandrungi oleh para desainer mobil-mobil modern. Yang membuat mobil terlihat jauh lebih futursitik dan lebih elegan.
Di belakang, lampu kombinasi sudah menggunakan LED yang bentuknya mengarah ke pintu bagasi. Lampu LED berbentuk L terpisah dari lampu rem yang makin menguatkan kesan elegan sekaligus futuristik dari mobil ini. Kemudian pada bagian belakang juga ada bumper yang bentuknya dibuat terlihat kokoh. Lagi-lagi terinspirasi dari SUV-SUV Mitsubishi lainnya yang sudah ada.
Interior
Mitsubishi Xpander merupakan mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) berkapasitas 7-penumpang. Pada jok baris pertama Kawan Autos akan menjumpai dashboard dengan model rata yang menggunakan warna hitam. Sementara bagian tengah dibuat menyatu dengan tuas transmisi hingga center console.
Dibagian tengah dashboard ada sistem infotainment, kisi-kisi AC, knop pengaturan AC, tuas transmisi, dan cup holder. Ada banyak ruang penyimpanan di bagain depan, yakni di depan tuas transmisi, di sebelah kanan tepatnya di bawah tombol start/stop engine, di kisi-kisi pintu, serta di bagian depan penumpang yang berupa dua buah tempat penyimpanan. Stau berbentuk instrument panel tray, dan satu lagi laci bagasi. Oh, ya di bawah kursi penumpang depan juga ada laci tersembunyi yang bsia digeser.
Untuk jok baris kedua diklaim bisa dimuati hingga tiga penumpang. Meski demikian sandaran kepala (headrest) cuma disediakan dua, yang bisa diatur ketinggiannya. Sandaran jok baris kedua bagian tengah bisa diatur sebagai arm rest. Jok baris kedua ini juga bisa ditekuk untuk menambah ruang bagasi belakang.
Sementara itu jok baris ketiga hanya bisa diisi oleh dua penumpang. Meskipun direkomendasikan bisa untuk menampung penumpang dewasa, namun saat kami lakukan Review Mitsubishi Xpander di GIIAS 2017 pekan lalu, ruang belakang ini tidak terlalu lapang untuk postur reviewer yang punya tinggi badan 172 cm. Karenanya kami menyarankan hanya anak-anak yang duduk di jok belakang. Meksi demikian jok ini bsia ditekuk rata dengan lantai agar kapasitas bagasi bisa jauh lebih lapang.
Dimensi
Mitsubishi Xpander terdiri dari lima varian, yakni GLX, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate. Semuanya mempunyai panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan jarka sumbu roda 2.275 mm. Namun untuk lebarnya tipe GLX, GLS, dan Exceed 1.695 mm, sedangkan tipe Sport dan Ultimate lebarnya 1.700 mm.
Kemudian tipe GLX dan GLS juga punya ground clearance 200 mm, sementara untuk tipe Exceed, Sport, dan Ultimate jarak ke tanah lebih tinggi 5 mm. Kemudian yang membedakan tipe GLX dan GLS pakai roda ukuran 185/65 R15, dan untuk tipe Exceed, Sport, dan Ultimate rodanya ukuran 205/55 R16.
Kelima varian Xpander memiliki bobot 1.780 kg dengan kapasitas tangki BBM (Bahan Bakar Minyak) 45 liter. Kelimanya juga punya kemampuan radius putar 5,2 meter.
Mesin
Semua tipe Mitsubishi Xpander menggunakan mesin berkapasitas isi silinder 1.499 cc MIVEC DOHC 16 valve dengan kode 4A91. Mesin ini dipercaya sanggup melahirkan tenaga 104 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm.
Transmisi yang digunakan untuk tipe GLX dan GLS adalah manual 5 percepatan. Sementara untuk tipe Sport dan Ultimate memakai gearbox 4 percepatan otomatis. Khusus tipe exceed ada yang menggunakan transmisi manual dan ada yang menggunakan transmisi otomatis.
Suspensinya memakai Macpherson Strut Coil Spring dibagian depan dan Torsion Beam pada suspensi belakang. Untuk sistem pengeremannya pakai disk brake di roda depan dan masih tipe drum pada roda belakangnya.
Fitur
Semua varian Xpander diracik dengan menggunakan bodi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) untuk menahan benturan yang mungkin terjadi dari bagian luar. Kemudian semua penumpang di tiga baris jok juga sudah dilengkapi sabuk pengaman. Dan khusus pengemudi serta penumpang depan ditambah pula dengan Force Limiter and Seatbelt Reminder.
Pengemudi dan penumpang depan juga mendapat tamabhan keselamatan lain berupa SRS Airbags. Namun untuk jok penumpang belakang ada ISO-FIX. Lalu fitur keselamatan lainnya ada pada ketersediaan ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Brake Assist), dan Hill Start Asist (HSA) yang akan membantu mobil tidak merosot saat berhenti di tanjakan.
Untuk keselamatan lainnya ada immobilizer, dan keyless entry serta start stop engine button. Demi kenyamanan saat mundur atau parkir di tempat sempit, disediakan rear view camera lengkap dengan sensor parkir.
Spesifikasi
Tabel Spesifikasi Mitsubishi Xpander | ||||||
Spesifikasi | Ultimate A/T | Sport A/T | Exceed A/T | Exceed M/T | GLS M/T | GLX M/T |
Dimensi | ||||||
Panjang (mm) | 4475 | |||||
Lebar (mm) | 1750 | |||||
Tinggi (mm) | 1700 | 1695 | ||||
Jarak Sumbu Roda (mm) | 2275 | |||||
Radius Putar (mm) | 5200 | |||||
Kapasitas Tangki BBM (liter) | 45 | |||||
Mesin | ||||||
Tipe | 4 silider segaris MIVEC DOHC 4A91 | |||||
Kapasitas (cc) | 1499 | |||||
Tenaga maksimum (hp/rpm) | 104 / 6,600 | |||||
Torsi Maksimum (nm/rpm) | 141 / 4,000 | |||||
Jenis Bahan Bakar | Gasoline Tanpa Timbal | |||||
Transmisi | ||||||
Tipe | Otomatis 4 percepatan | Manual 5 Percepatan | ||||
Sasis | ||||||
Sistem Penggerak | Penggerak Roda Depan | |||||
Suspensi Depan | McPherson Strut Coil Spring | |||||
Suspensi Belakang | Torsion Beam | |||||
Rem Depan | Disk Brake | |||||
Rem Belakang | Drum | |||||
Ukuran Ban | 205/55 R15 | 185/65 R15 | ||||
Tipe Velg | Velg Alloy | |||||
Fitur | ||||||
Airbag Pengemudi | v | v | v | v | v | v |
Airbag Penumpang Depan | v | v | v | v | v | v |
Seatbelt Pengemudi | v | v | v | v | v | v |
Seatbelt Penumpang Depan | v | v | v | v | v | v |
Seatbelt Penumpang Belakang | v | v | v | v | v | v |
Immobilizer | v | v | v | v | v | v |
Keyless Entry | v | v | – | – | – | – |
ABS | v | v | v | v | v | v |
EBD | v | v | v | v | v | v |
BA | v | v | – | – | – | – |
HSA | v | v | – | – | – | – |
Rear View Camera | v | – | – | – | – | – |
Harga
Daftar Harga Mitsubishi Xpander | |
Mitsubishi Xpander Ultimate A/T | Rp 245,350,000 |
Mitsubishi Xpander Sport A/T | Rp 237,150,000 |
Mitsubishi Xpander Exceed A/T | Rp 224,950,000 |
Mitsubishi Xpander Exceed M/T | Rp 214,550,000 |
Mitsubishi Xpander GLS M/T | Rp 208,550,000 |
Mitsubishi Xpander GLX M/T | Rp 189,050,000 |
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
