Last updated on 16 Agustus, 2023
Jika motor skutik cenderung melompat periksa beberapa komponen ini, seperti kopling ganda, atau V-belt. Bisa jadi ada kerusakan atau kondisinya butuh dibersihkan.
Jakarta, Autos.id – Gas motor yang sering lompat pada motor skutik kerap membuat pengendara tak nyaman. Kadang masalah ini menjadi pemicu awal kecelakaan apalagi bila kita terjebak dalam kemacetan.
Biasanya masalah jika motor skutik cenderung melompat tersebut terjadi karena dua kemungkinan yakni masalah pada kopling ganda yang sudah menipis atau karena kotoran yang mengganggu pada sistem kerja CVT motor skutik tersebut.
“Bila kopling ganda sudah mencapai ketipisan hingga 1 mm maka motor cenderung melompat”
Untuk itu pengguna skutik perlu memeriksa kopling ganda secara rutin. Paling tidak untuk mengetahui kondisi komponen ini, karena bila sudah mencapai ketipisan hingga 1 mm maka motor cenderung melompat karena pengaruh itu.Biasanya ketipisan kopling ganda terasa jika motor sudah menempuh jarak kurang leebih 30 ribu Km.
Sementara bila motor-motor yang baru penyebab umumnya ialah bagian penggeraknya yang kotor. Dalam kondisi ini motor jadi tersendat namun tetap berjalan dengan tenaga yang tidak stabil sehingga cenderung seperti melompat.
Karena itu, mengecek kondisi komponen CVT perlu dilakukan untuk mematiskan keadaannya. Jika komponen ini kotor sebaiknya dibersihkan atau jika kondisinya sudah tak layak pakai langsung diganti untuk menghindari masalah yang lebih rumit.
Baca juga: Pengaruh Berat Roller Pada Motor Matic
Bagian yang perlu mendapat perhatian juga jika motor skutik cenderung melompat adalah V-Belt. Sebagai pengganti roda V-Belt juga menjadi penggerak utama roda belakang. Jika V-Belt mulai mengalami kerusakan performa motor juga terganggu dan motor seperti melompat-lompat.
Baca juga: Penyebab Motor Matic Gredek dan Solusinya
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.