Last updated on 13 September, 2023
Inilah sejarah, spesifikasi, dan generasi Kawasaki Kaze, motor bebek legendaris dari KMI.
Autos.id – Saat ini, Kawasaki lebih menekankan pengembangan motor sport dalam berbagai varian seperti naked, full fairing, adventure, trail, dan lainnya. Meskipun begitu, Kawasaki pernah menjual motor bebek di Indonesia. Salah satu sepeda motor bebek terlaris dan paling diakui dari keluarga Kawasaki adalah “Kawasaki Kaze.”
Sebelum motor sport menjadi tren, motor bebek lebih diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, Kawasaki juga berusaha memenuhi permintaan konsumen pada masa tersebut.
Sejarah Kawasaki Kaze
Kawasaki Kaze resmi hadir di Indonesia pada tahun 1995. Dengan rangka yang kuat dan mesin yang bertenaga pada putaran atas, Kaze cocok digunakan untuk bepergian jarak jauh.
Nama “Kaze” berasal dari bahasa Jepang yang berarti “angin”. Kaze dikenal karena stabilitasnya dan fitur serta teknologi yang lebih unggul dibandingkan pesaingnya pada masanya. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperkenalkan Kaze untuk bersaing dengan Honda Astrea Grand, yang merupakan senjata utama dari motor bebek Honda.
Varian Kawasaki Kaze dan Spesifikasi
Kawasaki Kaze (Generasi 1)
Spesifikasi Kawasaki Kaze:
Mesin:
- Tipe Mesin: 4 tak SOHC
- Kubikasi: 111,6 cc, 1 silinder
- Bore x stroke: 53mm x 50,6 mm
- Tenaga maksimal: 8,4 PS/8.500 rpm
- Torsi maksimal: 8,6 Nm/3.500 rpm
- Karburator: Keihin PB18
- Starter: Elektrik dan kick
- Kompresi: 9,3:1
- Pengapian: CDI
Transmisi:
- Tipe Transmisi: 4-percepatan manual, N-1-2-3-4 (non-rotari)
- Kopling: Sentrifugal, multi plat basah
- Sistem Penggerak: Rantai
Rangka:
- Tipe Rangka: Rangka pipa tulang
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Swing arm
- Rem Depan: Tromol
- Rem Belakang: Tromol
Dimensi:
- Panjang x Lebar x Tinggi: 1.925 x 690 x 1.050 mm
- Tinggi Jok: 753 mm
- Jarak ke tanah: 130 mm
- Jarak sumbu roda: 1.250 m.
- Berat kosong: 98 kg
Kelistrikan:
- Baterai: 12 V 5Ah
- Busi: NGK C6HSA
Ban:
- Ban Depan: 70/90-17
- Ban Belakang: 80/90-17
Bahan bakar
- Tangki BBM: 4,3 liter
- Jenis BBM: Bensin, Ron 92
Fitur Tambahan:
- Saringan oli poros kem dan engkol terpisah
- Kran bensin (on, off, reserve)
-
Kawasaki Kaze R (Generasi 2)
Kawasaki Kaze R adalah penerus dari Kawasaki Kaze yang rilis setahun kemudian, dengan spesifikasi yang seluruhnya hampir sama. Perbedaannya hanya di bagian striping bodi dan penggunaan rem cakram pada ban depan.
Kawasaki Kaze VR (Generasi 3)
Pada tahun 1997, PT KMI melakukan perubahan nama lagi menjadi Kawasaki Kaze VR dengan spesifikasi yang masih sama. Namun ada perubahan tampilan, yaitu menggunakan velg racing untuk memberi kesan sporty dan lampu belakang yang direvisi. Lampu sein yang sebelumnya terpisah digabung menjadi satu untuk tampilan yang lebih kompak.
Baca juga: Mengenal Suzuki Shogun: Sejarah Hingga Transformasinya
Kawasaki Kaze R 125 (Generasi 4)
Pada tahun 2005, KMI melakukan terobosan baru untuk Kaze dengan mengembangkan tiga varian, yaitu Kaze, Blitz, dan Blitz Joy, menjadi satu varian baru bernama Kaze R 125.
Kaze R 125 memiliki mesin berkapasitas 125 cc dengan menggunakan sasis masih dari Kaze, dan desain bagian depan yang mirip dengan Blitz dan Blitz Joy, namun tetap mempertahankan desain bagian belakang Kaze VR dengan velg racing. Dimensi dan beberapa spesifikasi lainnya masih mengadopsi Kawasaki Kaze yang lama, jadi perbedaan mencoloknya hanya di mesin, transmisi, dan bodi. Berikut spesifikasi Kawasaki Kaze R 125:
Mesin:
- Tipe Mesin: 4 tak SOHC
- Kubikasi: 124,6 cc, 1 silinder
- Bore x stroke: 56mm x 50,6 mm
- Tenaga maksimal: 9,9 PS/8.000 rpm
- Torsi maksimal: 8,6 Nm/6.000 rpm
- Karburator: Keihin PB18
- Starter: Elektrik dan kick
- Kompresi: 9,5:1
- Pengapian: CDI
Transmisi:
- Tipe Transmisi: 4-percepatan manual, N-1-2-3-4-N rotari
- Kopling: Sentrifugal, multi plat basah
- Sistem Penggerak: Rantai
Rangka:
- Tipe Rangka: Rangka pipa tulang
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Swing arm
- Rem Depan: Cakram
- Rem Belakang: Tromol
Baca juga: Sejarah dan Generasi Honda Supra Bapak
Transformasi Menjadi Kaze ZX-130
Tahun 2009 menjadi puncak dari generasi Kaze. KMI meluncurkan Kaze ZX-130. Namun motor ini lebih dikenal dengan nama Kawasaki ZX-130 saja, tanpa embel-embel nama “Kaze”. Motor bebek ini mengalami banyak perubahan signifikan, pertama-tama mesinnya ditingkatkan menjadi 130,1 cc dengan bore x stroke 53 x 59,1 mm, menjadi yang terbesar di kelasnya pada waktu itu.
Desain lampu depannya yang meruncing di bagian depan terlihat agak unik namun tetap sporty. Di balik lampu depan terdapat tangki bensin, suatu hal yang jarang terlihat pada motor bebek pada masa itu, sehingga memberikan efek positif berupa bagasi yang lebih luas. Selain itu, pada spidometernya sudah dilengkapi dengan takometer, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada motor bebek.
Sumber: Berbagai sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.