Honda CB650F didesain oleh para insinyur muda yang memanfaatkan bentuk ringan dan rekayasa berkualitas tinggi mampu memberikan sebuah energi dan gaya baru dari naked street fighter.
Jakarta, Autos.id – Pengembangan yang berevolusi meningkatkan level adrenalin dengan menghadirkan produk yang bertenaga. Honda CB650F memiliki tenaga puncak 68,4 kW yang dicapai pada putaran 11.000 rpm dengan torsi puncak 63,2Nm pada 8.000 rpm.
Mesin CB650F telah mengaplikasikan arsitektur internal yang compact, 6 percepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan kedepan 30°. Kepala silinder mesin DOHC 16 katup mengaplikasikan direct cam actuation; ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 46mm dengan kompresi rasio 11:4:1. Konsumsi BBM 21km/l (mode WMTC) memberikan daya jelajah lebih dari 350km untuk 17,3L tangki bensin.
Rangka dari baja tipe diamond dengan ukuran ganda 64mm x 30mm berbentuk elips. Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar – memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara. Sudut caster di set pada 25.5° dengan trail 101mm dan jarak sumbu roda 1,450mm.
Penggunaan suspensi depan Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41mm pada rangka depan meningkatkan kenyamanan berkendara dan handling, memberikan proporsional redaman rebound dengan kompresi yang lebih kuat dengan penggunaan stroke 120mm. Plat pivot lengan ayun ditempa dan dilas bersamaan sementara itu lengan ayun alumunium hasil proses pengecoran grafitasi menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada diatas knalpot di sisi kanan.
Peredam kejut yang dapat disetel 7 tingkatan dengan single-tube monoshock menggerakkan lengan ayun secara langsung. Velg alumunium palang enam menggunakan ukuran ban depan radial 120/70-17 dan ban belakang radial ukuran 180/55-17. Menggunakan kaliper rem depan berpiston ganda dengan disk berukuran 320 mm dengan alur bergelombang dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan ABS 2-channel terpasang sebagai standar.
Tampil compact dengan dimensi tangki bahan bakar yang sesuai, garis tajam yang dinamis dari shroud, cover headlight hingga ke bagian belakang motor ini. Sisi cowl yang lebih kecil memberikan kesan agresif dari fuel tank dan semakin menonjolkan mesin ketika jok berdesain pendek dan potongan belakang spatbor depan diletakan dengan posisi pemusatan massa ke depan.
Penyematan lensa bening dengan penggunan lampu senja dan belakang LED dan lampu depan yang semakin memberikan daya tarik lebih dengan garis dan sudut yang tajam. Posisi berkendara agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Setang motor tinggi berbentuk tabung yang datar memudahkan pengendalian.
Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup didukung dengan tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian jok 810mm. Tampilan speedometer dengan dual screen yang lebar, di sisi kiri terletak informasi putaran mesin dan informasi kecepatan, sementara di sisi kanan terletak informasi bahan bakar, jam, odometer dan informasi penting lainnya.
Kedua sisi motor diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih. Motor ini didominasi oleh warna hitam pada frame, lengan ayun dan juga warna penutup mesin berwarna perunggu. Motor ini juga dilengkapi dengan kunci kontak berbentuk gelombang menghadirkan keamanan dan mengurangi resiko kerusakan kunci tersebut. Honda CB650F dipasarkan dengan harga OTR DKI Jakarta Rp. 235.387.500.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.