Fitur ini dapat membantu mengoptimalkan akselerasi berkendara di segala kondisi Jalan
Jakarta, Autos.id – Sejak pertama kali diperkenalkan di akhir tahun 2019, All New NMAX 155 Connected ABS sukses mendapatkan respon yang positif dari para pecinta otomotif tanah air. Pasalnya, motor tersebut kaya akan sentuhan inovasi yang hadir melalui tampilan desain yang lebih premium, performa mesin yang lebih bertenaga, serta fitur-fitur unggulan yang dapat semakin mendukung aktivitas saat berkendara.
Tidak tanggung-tanggung, di sektor fitur, generasi terbaru NMAX ini bukan hanya dilengkapi dengan teknologi konektivitas melalui kemunculan aplikasi Y-Connect, tetapi juga turut dilengkapi dengan fitur keselamatan berkendara yang salah satunya adalah Traction Control System (TCS).
Kehadiran fitur ini tidak hanya menjadikan All New NMAX 155 Connected ABS sebagai skutik pertama dikelas 150-160cc yang mengaplikasikan fitur ala moge tersebut, namun juga memiliki peranan penting dalam memberikan #kontrolMAXImal bagi sang pengendara.
“Dalam mendukung keselamatan berkendara untuk mobilitas harian penggunanya, generasi terbaru NMAX telah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan yang dapat membuat skutik ini lebih mudah untuk dikendalikan di berbagai kondisi jalan, mulai dari sistem pengereman Dual Channel ABS sampai dengan fitur Traction Control System. Khusus untuk TCS sendiri, fitur yang banyak dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.
Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.
Adapun kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang. Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU dan kemudian ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.
Cara mengurangi putaran mesin ini sendiri dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) dan bisa juga dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.
Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS pada All New NMAX 155 Connected ABS dalam kondisi menyala atau aktif. Fitur ini juga dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri stang kemudi. Setelah itu menu pilihan On dan Off nya dapat dilihat pada tampilan layar speedometer.
Cara Merawat TCS
Melihat fungsinya yang begitu penting sebagai fitur keselamatan berkendara, pemilik All New NMAX 155 Connected ABS perlu merawat dan mengecek fungsi TCS secara rutin. Pastikan fitur tersebut dapat bekerja secara optimal dan selalu siap untuk digunakan. Lantas bagaimana cara merawat fitur TCS dan cara mengetahui bahwa fitur tersebut dalam kondisi baik?, caranya cukup mudah.
Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang (dekat dengan kaliper rem). Maka pemilik motor harus rajin membersihkan area kaki-kaki motor dari debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.
Sementara itu untuk mengetahui apakah TCS berfungsi dengan baik, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi acuan. Pertama cek lampu indikator. Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi.
Indikasi pengecekan yang kedua dengan cara mengaktifkan fitur TCS, kemudian posisikan motor dengan standard tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas. Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka putaran roda belakang akan tersendat. Dan jika TCS mengalami malfungsi maka putaran roda belakang tidak akan tersendat saat gas dimainkan.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.