Fenomena mengenai motor BMW R90S sudah menjadi ruang kehormatan dalam ajang bergengsi Isle of Man TT di tahun 2016
Autos.id – Disana, BMW Motorrad menampilkan sportbike BMW R90S dengan memenangkan kelas 1.000 cc sejak lama yaitu pada tahun 1976. Waktu itu, BMW R90S dikendarai oleh pembalap Helmut Dahne ketika dia berusia 71 tahun. Acara ini menjadi hal yang penting bagi BMW Motorrad. Hal ini dikarenakan itulah pertama kalinya, mereka memenangkan balapan jalan raya tertua dan berbahaya di dunia pada tahun 1976.
Sedangkan, produksi BMW R90S sudah ada sejak 1973 yang digunakan Helmut sebagai produk pertama dengan genre superbike. Faktanya, Helmut adalah seorang mekanik sehingga mereka mengubah R90S.
Kreasi Menarik dalam BMW R90S sehingga Terlihat Berbeda
Modifikasi menjadi sportbike standar yang dihadirkan dengan fairing minimal, pijakan kaki di mundurkan, memperbaiki jok pendek dan mesin boxer. Sedangkan, daya yang ditingkatkan menjadi 76 daya kuda dengan model standar 67 daya kuda sehingga kecepatan tertinggi dapat mencapai 200 km/jam.
R90S dibuat lebih ringan 30 kg daripada versi jalan raya. Selain penggunaan pegas lebih empuk, dan juga mesin yang sedikit dimodifikasi. Tak lupa penampilan dengan gaya elegan Helmut sendiri, baju balap merah dengan garis-garis putih yang mencolok yang menjadi brand.
Saat mencoba untuk latihan, walaupun sempat mengalami kesulitan teknis, ketika rekan setim yang baru direkrut Otto Butenoat. Ceritanya, intake manifold meleset ke kanan karena longgar namun dapat dipecahkan dengan mengelem kedua komponen dan diganti dengan bracket mounting karburator yang lebih fleksibel. Helmut dan Otto memenangkan kejuaraan di kelas 1.000 cc produksi.
Perkembangan Mendalam Dari BMW R90S Dibandingkan Sebelumnya
Beemer retro merupakan sesuatu yang menampilkan desain yang keren, keandalan anti peluru dengan kinerja sehalus sutra. Namun berjalannya waktu, House of Munich sudah memproduksi lusinan mesin salah satu yang bisa kita temukan adalah R90S. Bukan hanya itu ada varian menarik yang merubah BMW 1974.
Model ini diciptakan oleh powerplant boxer-twin 898cc dengan pendingin udara yang dilengkapi karburator Dell’Orto ganda dan dua katup per kepala silinder. Tapi ada cerita tentang pabrik berlawanan secara horizontal dengan membanggakan diri melalui rasio kompresi yang sehat kurang cocok dari 9,5:1. Sedangkan pada 7.000 rpm, pabrik ini sudah menghasilkan hingga 67 hp dengan output torsi 56 pound-feet (76 Nm) yang disuplai pada sekitar 5.500 putaran.
Sedangkan pada transmisi lima kecepatan, kemampuan ini dilakukan untuk mengarahkan gaya ke roda belakang melalui final drive poros dengan menghasilkan kecepatan tertinggi 124 mph (200 kph). The R90S mampu mempercepat dari nol sampai 62 mph (0-100 kpj) dalam 4,8 detik, untuk menyelesaikan sprint seperempat mil dalam 13,3 kutu.
Sedangkan untuk merawat sepeda dengan kaca depan baru dan lapisan cat baru, maka kita perlu melanjutkan dalam membangun kembali roda menggunakan jari-jari baja tahan karat. Kemudian, pelek diselimuti sepasang ban Metzeler dengan cengkeraman yang cukup di aspal. Rem mengalami perubahan menyeluruh, sedangkan peredam kejut asli diganti alternatif Ikon modern.
Mesin dua silinder dikirim ke mekanik untuk perbaikan menyeluruh, sehingga menyimpulkan peningkatan kinerja. Hal ini membuat tawaran tertinggi untuk ’74 MY R90S dinilai hanya $3.000, kemudian ia mengirimkan tawaran dengan mengunjungi situs web BaT( Bring A Trailer )
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.