Last updated on 18 November, 2021
Bak duel maut, Honda Brio dan Suzuki Ignis berlomba-lomba menyajikan tampilan citycar yang fresh dan menarik perhatian kawula muda. Mending pilih mana?
Jakarta, Autos.id – Segmen city car bergaya SUV masih banyak peminatnya, khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini yang mendasari masih banyaknya orang mengadu keunggulan antara Honda Brio dan Suzuki Ignis. Terlebih mereka sama-sama punya ukuran minimalis yang mempermudah mobilitas warga Indonesia di jalan yang padat.
Tak heran jika masih banyak orang yang bingung harus mengeluarkan budget beli mobil Rp 200 jutaan untuk Honda Brio atau Suzuki Ignis. Sama-sama hadir sebagai city car minimalis andalan kawula muda dan keluarga kecil Indonesia, Brio dan Ignis bersaing secara sengit. Apalagi nama Honda Brio sudah lebih dulu terkenal daripada Suzuki Ignis.
Alhasil, Suzuki Ignis rajin melakukan penyegaran model, mesin, dan juga fitur kenyamanan penumpang. Nah, melalui artikel komparasi ini, mari kita lihat seberapa sengit duel mobil minimalis Honda Brio dan Suzuki Ignis 2021.
Varian dan Harga Honda Brio dan Suzuki Ignis
Honda Brio
– Satya S M/T: Rp 151,4 juta
– Satya E M/T: Rp 160,4 juta
– Satya E CVT: Rp 175,4 juta
– RS M/T: Rp 183,3 juta
– RS CVT: Rp 198,2 juta
– RS M/T Urbanite: Rp 189,3 juta
– RS CVT Urbanite: Rp 203,7 juta
Suzuki Ignis
– GL M/T: Rp 183,5 juta
– GL AGS: Rp 193,8 juta
– GX M/T: Rp 203 juta
– GX AGS: Rp 213,4 juta
Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda November 2021
Performa Mesin Honda Brio dan Suzuki Ignis
Pembahasan pertama kita tak lain dan tak bukan adalah dari segi mesin. Yap, keduanya sama-sama memiliki mesin berkubikasi 1.200 cc. Tapi yang jelas, tipe mesin yang mereka gunakan unggul di kelasnya masing-masing. Honda Brio mengandalkan mesin 1.200cc i-VTEC berteknologi Earth Dreams agar perpindahan transmisi lebih halus dengan performa mesin tetap maksimal. Mesin tersebut membuat mobil bisa melaju dengan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm. Akselerasi yang cukup bagus disamping mesin yang diklaim buat konsumsi bahan bakar mobil lebih hemat daripada pesaingnya. Dan yang paling penting adalah emisi mesin Honda Brio sudah terstandar EURO 4 Compliance untuk gas buang yang memiliki kandungan karbon rendah.
Suzuki Ignis berusaha tak mau kalah dari segi mesin. Mobil ini berbekal tipe mesin 1.197cc K12M 4-cylinder 1-valve. Mesin itu mampu mentenagai mobil hingga 83 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.200 rpm. Hmm, agak kalah di bawah Honda Brio ya ternyata. Apalagi kami temukan fakta bahwa kecepatan akselerasi 0 – 100 km/jam pada Brio lebih cepat daripada Ignis, yaitu 11,8 detik. Sedangkan Suzuki Ignis butuh waktu hingga 12,9 detik. 🙁
Interior Honda Brio dan Suzuki Ignis
Berbicara soal tampilan kabin dan fitur interior Brio, ada beberapa perbedaan dari tiap variannya. Kita mulai dari Honda Brio Satya. Di sini Anda akan melihat desain interior dengan warna two-tone dan desain dashboard yang lengkap dengan akses silver lining. Bagian kabinnya juga cukup luas dengan desain kursi jok berbentuk semi bucket yang semakin membuat Brio Satya tampil mewah. Lalu juga semakin lengkap dengan keberagaman teknologi untuk mendukung kenyamanan pengemudi dan penumpang. Di antaranya adalah teknologi tilt steering, Auto Door Lock dan Power Door Mirror.
Baca juga: Suzuki Perkenalkan Ignis “Urban SUV” Generasi Kedua
Sedangkan interior Honda Brio RS, terdiri dari:
– Desain dashboard sporty dengan Orange Lining
– Headrest kursi baris pertama dan kedua yang bisa diatur (adjustable)
– Meter Cluster ber emblem RS yang tampil sporty dan modern
Lanjut ke Suzuki Ignis. Suzuki mengklaim bahwa Ignis memiliki kesan kabin yang luas dan futuristik sehingga kenyamanan penumpang terjamin. Hal ini terlihat pada adanya pilihan warna ornamen di dalam kabin yang terdiri dari variasi Stargaze Silver dan Stargaze Silver + Black. Sehingga jika Anda lihat sekilas, kabin Ignis lebih unik dan bold. Namun menurut Autos, interior yang lebih menarik adalah interior Honda Brio.
Eksterior Honda Brio dan Suzuki Ignis
Bila Anda lihat sekilas, bodi eksterior keduanya tampil dengan desain sporty dan stylish khas mobil perkotaan. Mungkin perbedaan antara Brio dan Ignis adalah tampilan Ignis yang lebih mirip SUV daripada Brio yang khas city car umum. Apalagi keduanya punya karakter bentuk bodi yang cukup terlihat bedanya. Hal ini menyebabkan kualitas selera para pecinta otomotif city car hatchback diuji di sini. Nah, selanjutnya mari kita bahas rincian desain eksterior Honda Brio dan Suzuki Ignis secara menyeluruh.
Baca juga: Akhir Semester I, Brio Masih Menjadi Model Terlaris Penjualan Honda
Bagian depan Honda Brio terdiri dari seperangkat LED headlamp dan fog lamp. Tak lupa Honda memberikan detail chrome front grille di bawah kap mesin mobil. Bagian belakangnya lengkap dengan LED High Mount Stop Lamp, Rear Combi Lamp, dan bumper belakang berdiffuser (khusus Brio RS). Sedangkan untuk sisi eksterior lainnya, Honda Brio dilengkapi windshiled anti panas (pada varian Satya), spoiler samping bawah, dan teknologi Power Retractable Door Mirror (khusus Brio RS).
Beralih ke Suzuki Ignis. Karena sadar bahwa saingannya adalah sekelas Honda Brio, maka Suzuki Ignis menekankan platform bodi unggulan HEARTECT dengan struktur high-rigid underbody. Bodi Ignis juga mengusung konsep teknologi total effective control yang keren. Sehingga mobil ini memiliki klaim mampu berkendara dengan kokoh di segala medan disamping perintilan desain yang up-to-date. Mulai dari tampilan chrome front grill, fog lamp dengan desain Bezel, bumper depan dengan diffuser, dan bumper belakang desain terbaru. Khusus varian GX, Ignis punya roof rails dan LED Projection Headlamp terbaru.
Fitur Keselamatan Honda Brio dan Suzuki Ignis
Kalau menurut kami, fitur keselamatan Brio dan Ignis sama, tak ada yang spesial. Bedanya, Honda melengkapi Brio dengan struktur rangka G-CON (G-Force Control) dan struktur kabin ACE (Advanced Compatibility Engineering). Lalu teknologi fitur keselamatan kedua city car ini ada Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Seatbelt dan airbag menjadi fitur keselamatan standar khas mobil modern.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.