Reviews

Test Ride Kawasaki Versys-X 250 : Adventure Bike yang Menyenangkan

Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Test Ride Kawasaki Versys-X 250 ini tim Autos lakukan di kawasan pegunungan Bromo, di Jawa Timur dengan menggunakan Versys-X 250 City Version.

Bromo, Autos.id – Autos.id menjadi satu dari beberapa rekan media yang mendapat kesempatan mencicipi sensasi menunggangi motor terbaru dari Kawasaki yaitu Kawasaki Versys-X 250. Mengusung tagline “Any Road, Any Time“, sesi test ride ini digelar di kawasan Bromo, Jawa Timur.

Kesan pertama terhadap Kawasaki Versys-X 250 adalah motor ini cukup berat. Diatas kertas pun berkata untuk Versys-X 250 varian City Version bobotnya 173 kg sementara varian Tourer 184 kg. Namun pepatah “Don’t Judge Book by the Cover” terbukti benar. Saya pun mendapat kesempatan menjajal Kawasaki Versys-X 250 City Version.

“Meski masuk kategori moge alias motor gede, namun nyatanya motor ini cukup ringan saat ditunggangi. Begitupun ketika diajak bermanuver”

Meski masuk kategori moge alias motor gede, namun nyatanya motor ini cukup ringan saat ditunggangi. Begitupun ketika diajak bermanuver. Sesi pertama test ride Test Ride Kawasaki Versys-X 250 menempuh jalur perkotaan tepatnya dimulai dari Terminal Sukapura, Probolinggo menuju kawasan pegunungan Bromo. Dengan jarak tempuh sekitar 13 Km, kesempatan untuk mengeluarkan kemampuan maksimal motor pun terbuka lebar. Medan yang dilewati memang jalanan aspal yang terbilang baik, namun dengan kontur jalan berkelok khas jalanan pegunungan sanggup menciptakan tantangan tersendiri.

Test Ride Kawasaki Versys-X 250

Gas Pol di Jalan Aspal

Kenyamanan mengendarai Versys-X 250 yang dijanjikan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) ternyata memang benar adanya. Perjalanan menanjak yang disertai tikungan di sepanjang trek sanggup dilibas tanpa kendala berarti. Meski torsi yang dimilikinya tak terlalu besar, namun mesin tetap terasa bertenaga saat berada di putaran menengah dan atas.

Posisi berkendara yang tegak dan posisi setang yang lebar juga menjadi nilai lebih. Dengan posisi riding seperti ini tak membuat berkendara dengan Kawasaki Versys-X 250 ini tidak cepat lelah. Begitupun saat bertemu jalanan rusak, bantingan terasa empuk. Efek guncangan sanggup diredam sehingga pengendara tetap dapat duduk dengan nyaman.

Test Ride Kawasaki Versys-X 250

Tetap Nyaman di Trek Pasir Meski Bukan Pakai Ban Pacul

Puas melaju di aspal halus, hari berikutnya kami ditantang untuk test ride Kawasaki Versys-X 250 dalam kondisi 180 derajat yang berbeda. Kami menguji motor bertransmisi 6 percepatan ini merambah medan berpasir di area kawah Gunung Bromo. Disini kemampuan Versys-X 250 yang diklaim mampu menempuh segala medan benar-benar diuji.

Berbekal ban semi off-road, kami langsung tancap gas diatas pasir kawah Bromo yang pesonanya telah dikenal dunia. Melaju dengan kecepatan 60 km/jam diatas jalanan berpasir dengan kontur yang susah diterka cukup memacu adrenalin kami. Meski keselamatan tetap diutamakan, namun berbagai guncangan tentunya tak bisa terhindarkan.

Test Ride Kawasaki Versys-X 250

Pas untuk Touring dan Harian

Suspensi belakang Bottom-link UniTrak dan suspensi depan 41 mm telescopic yang dibenamkan di Versys X-250 kembali mampu bekerja dengan sangat baik meredam berbagai guncangan yang diterima. Meski sesekali ban belakang kami sempat tergelincir, namun motor yang memiliki mesin 249cc bersilinder ganda ini tetap dapat kami jinakkan. Versys-X 250 pun tetap dapat melaju memuaskan di lintasan tak beraspal itu.

Dengan banderol Rp 62,2 juta Jadi, siap memilih Kawasaki Versys-X 250 City Version memang pas sebagai teman touring Anda namun tetap juga bisa dipakai harian. Jika Anda menginginkan yang lebih advance ada varian Versys-X 250 Tourer yang dipatok Rp 73 juta. Dengan selisih harga Rp 10 jutaan itu, Anda akan mendapatkan foglamp dan box bagasi dan rem depan tipe ABS yang tidak ada di varian City Tourer.

Comments
To Top