Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Saat Alami Ban Pecah Ketika Liburan

ban pecah

Saat mengalami ban pecah ketika berpergian, sebaiknya jangan langsung panik, tetapi ikuti langkah-langkah berikut ini agar tetap selamat sampai tujuan.

Jakarta, Autos.id – Musim liburan akhir tahun 2016 sudah menyapa hampir sebagian masyarakat Tanah Air. Liburan kerap berarti jalan-jalan ke tempat rekreasi atau mengunjungi keluarga diberbagai tempat. Dekat maupun jauh.

Namun ada kalanya setiap musim libur banyak kendaraan yang kerap mengalami berbagai trouble. Hal ini tentu akan riskan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang. Beberapa penyebab masalah di jalan baisnaya dikarenakan ban pecah atau bocor sehingga ban kehilangan traksi dan kestabilan kendaraan hilang.

“Bila menghadapi ban pecah atau bocor selama perjalanan beberapa tindakan sederhana perlu dilakukan pengemudi”

Bila menghadapi ban pecah atau bocor selama perjalanan beberapa tindakan sederhana perlu dilakukan pengemudi. Mulai dari mendeteksi jika ban mobil pecah atau bocor, hingga tindakan yang perlu dilakukan saat mengganti ban sebenarnya bisa dilakukan oleh sang pengemudi itu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Ban Pecah

Jangan Panik Saat Mengalami Ban Pecah

Tindakan preventif karena ban pecah atau bocor sebenarnya bisa diidentifikasi oleh pengemudi. Tandanya adalah jika terjadi pengemudi merasakan kelainan pada kendaraannya. Seperti setir yang berat ke arah tertentu atau goyang yang tidak lazim.

Jangan pernah memaksakan melanjutkan perjalanan jika kondisi ini dirasakan pengemudi. Karena kendaraan bisa terguling akibat ban kehilangan daya cengkram ke aspal. Namun juga jangan langsung berhenti ketika ban pecah atau bocor.

Ban Pecah

Gnati Ban di Lokasi yang Aman

Jangan menginjak rem secara mendadak dengan keras dan tergesa-gesa karena berbahaya dan menyebabkan roda kemudi kepelintir atau tertarik kesatu sisi. Solusinya tetap pegang roda kemudi dengan tenang dan gunakan rem secara bertahap untuk memperlambat kendaraan.

Hentikan kendaraan di tempat yang aman namun tetap perlambat laju kendaraan. Jika sudah menemukan wilayah yang dirasa aman, tepikan kendaraan dan ganti ban yang pecah atau bocor dengan ban cadangan yang dibawa. Namun perlu diingat karena sifatnya hanya cadangan, maka segera ganti ban yang rusak atau tambal ban yang bocor sehingga bisa digunakan kembali.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Autos.id – Keamanan saat berkendara adalah hal yang paling utama, salah satunya yaitu memeriksa ban motor dengan secara rutin. Ban motor dengan kondisi yang buruk...

Motor

Last updated on 14 November, 2021 Jakarta, Autos.id – Tak sedikit para pengendara motor pasti pernah mengalami ban kempis atau bocor karena terkena benda...

Berita Otomotif

Petamina sangat peduli dengan keselamatan berkendara masyarakat umum maupun karyawannya. karena itu, bersama pebalap nasional mereka menggelar safety riding Jakarta, Autos.id – Dalam rangka...

Tips

Last updated on 14 Juli, 2023 Ada beberapa aksesoris yang haram dipakai pada kendaraan Anda. Selain berbahaya bagi keselamatan, juga berpotensi untuk ditindak oleh...

error: Content is protected !!